Pemprov Sulawesi Tengah Kukuhkan 10 Tim TPAKD Kabupaten

waktu baca 3 menit
Ket Foto: PJ Sekprov Sulteng Rudi Dewanto Kukuhkan Wabup Badrun Nggai Bersama Sekda Zulfinasran, Sebagai Pengurus TPAKD Kabupaten Parigi Moutong. (Foto/Prokopim Parigi Moutong)

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah, kukuhkan 10 Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Kota. Terkait hal itu PJ Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Tengah Rudi Dewanto mengukuhkan Wakil Bupati Badrun Nggai SE dan juga Sekretaris Daerah Zulfinasran, S.STP, M.A.P. sebagai pengurus TPAKD di Kabupaten Parigi Moutong.

Dalam sambutannya Pj Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Tengah menyampaikan bahwa forum koordinasi yang dibentuk bertujuan untuk meningkatkan TPAKD dan mendorong pertumbuhan ekonomi untuk mencapai kesejahteraan masyarakat Indonesia.

“Oleh karena itu, saya pribadi dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dengan bangga menyambut dan sangat mengapresiasi pengukuhan TPAKD, karena forum ini sangat membantu dalam meningkatkan koordinasi inovasi yang sinkron antar elemen terkait.” kata Rudi Dewanto saat memberikan sambutan pada pengukuhan 10 TPAKD Kabupaten yang bertempat di Gedung Pogombo, Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Kamis 22 September 2022.

Dalam proses peningkatan akses keuangan publik dan pendidikan, Pemerintah Provinsi berharap dengan adanya TPAKD di seluruh Kabupaten Parigi Moutong dapat melawan rentenir (Melati) hingga pelaku usaha Mikro, Kecil dan Perusahaan Menengah (UMKM).

Ia menambahkan TPAKD kabupaten kota ini bisa menawarkan solusi dengan mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) karena diyakini bisa menjadi kunci tumbuh dan berkembangnya UMKM potensial sehingga bisa menumbuhkan produk unggulan daerah untuk bisa bersaing dengan daerah.

Ia mengatakan, pihaknya mengajak para pelaku bisnis dan seluruh stakeholder terkait untuk menjadikan momentum ini sebagai perspektif untuk memajukan dunia usaha dan menciptakan daya saing di tingkat nasional di Sulawesi Tengah.

Sulawesi Tengah saat ini merupakan salah satu dari 6 provinsi yang dipersiapkan sebagai kawasan penyangga Ibu Kota Negara (IKN,dia berharap dapat lebih ditingkatkan lagi oleh seluruh bupati hasil di sektor pertanian dan perikanan.

“Lahan yang masih kosong harus segera dikelola guna meningkatkan kualitas hasil pertanian dan perikanan, baik dari segi kuantitas maupun kualitas produksinya.” pungkasnya.

Baca: 1000 Paket Sembako Bantuan Kapolri Disalurkan di Sulawesi Barat

Kepala OJK Sulawesi Tengah Triyono Raharjo mengatakan menyusul percepatan pembentukan TPAKD di Provinsi Sulawesi Tengah, pada hari ini 22 September 2022 akan kukuhkan 10 tim TPAKD di berbagai kabupaten yang sebelumnya telah dilakukan pengukuhan 4 TPAKD kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah.

TPAKD di Provinsi Sulawesi Tengah memiliki program yang sangat baik khususnya penyaluran kredit, sejauh ini kami telah melaporkan bahwa Provinsi Sulawesi Tengah telah meluncurkan Program Kredit Melati, yang diinisiasi oleh TPAKD dan bank pemerintah daerah.

Ia menjelaskan, dalam rangka mendorong budaya menabung sejak dini, dalam hal ini Provinsi Sulawesi menjalankan program Satu Rekening untuk Pelajar yang saat ini telah mencapai 544.339 rekening per Juli 2022, menurut hasil survei Survei Nasional dan literasi dan Inklusi Keuangan yang diselenggarakan oleh OJK pada tahun 2019.

Tingkat inklusi keuangan di Sulawesi Tengah mencapai 84,51 persen, sedangkan tingkat literasi keuangan di Provinsi Sulawesi Tengah mencapai 39,63 persen.

“Kami berharap TPAKD dapat memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan akses keuangan di Provinsi Sulawesi Tengah yang tentunya akan membawa peningkatan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Tengah.” tutupnya. (*/Ikh)

Baca: Rapat Penyusunan Buku Statistik Sektoral Sulawesi Tengah

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.