BNPB Sebut Letusan Gunung Semeru Tak Sebabkan Tsunami

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Awan Panas Guguran (APG) Gunungapi Semeru terpantau dari CCTV Pos Pantau PVBMG pukul 06.30 WIB, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu 4 Desember 2022. (Foto/bnpb.go.id)

Berita Nasional, gemasulawesi – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan letusan di Kabupaten , Provinsi , tidak menyebakan tsunami.

Ini karena pasca keluarnya awan panas guguran (APG) dini hari Minggu 4 Desember 2022 di Semeru, beredar rumor bahwa letusan bisa memicu tsunami ke negara Jepang.

“Ada beberapa alasan mengapa berita ini tidak dapat dibenarkan, antara lain merupakan gunung api yang cukup jauh dari laut sehingga potensi pyroclastic/partial collapse tidak sampai di Laut tidak dapat mencapai dan menghasilkan tsunami,” kata Abdul Muhari, Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin 5 Senin Desember 2022.

Abdul menjelaskan bahwa posisi berada di Selatan Jawa saat terjadi longsoran di pantai selatan Jawa akibat aktivitas vulkanik.

Baca: Debu APG Gunung Semeru Tutup Dusun Kajar Kuning Hingga 3 Meter

Oleh karena itu, kecil kemungkinan tsunami yang terjadi dapat mencapai Jepang, karena terhalang oleh gugusan pulau di Indonesia.

Berdasarkan analisis tersebut, kabar yang beredar tentang letusan akan memicu tsunami di Jepang tentu tidak benar.

BNPB mengimbau semua orang untuk memercayai pesan yang datang dari otoritas terkait di Indonesia, baik itu BNPB, BMKG, PVMBG, BPBD, dan lembaga yang ditugaskan oleh pemerintah. (*/Ikh)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.