Debu APG Gunung Semeru Tutup Dusun Kajar Kuning Hingga 3 Meter

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro salah satu lokasi terdampak awan panas guguran Gunung Semeru (Foto/Facebook Humas Lumajang)

Berita Nasional, gemasulawesi – Debu awan panas guguran (APG) tutup Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro hingga 3 meter pada Minggu, 4 Desember 2022.

Kondisi ini mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang melalui Bupati Thoriqul Haq untuk meninjau langsung lokasi tersebut.

Berdasarkan pengamatannya, keadaan Dusun Kajar Kuning saat ini tertutup material debu awan panas yang jatuh sebanyak tiga meter, hingga ada beberapa rumah warga di dusun itu terkubur debu.

“Bahkan dua jembatan di Dusun Kajar Kuning yang beberapa waktu lalu diresmikan juga ikut tertimbun material,” ucap pria bernama Cak Thoriq.

Baca: Akibat Erupsi Gunung Semeru, 2.219 Orang Mengungsi

Di sisi lain, Cak Thoriq kali ini mempercepat proses evakuasi. Pasalnya, warga sudah lama mempersiapkan sejak awal terjadi APG yang akan berlangsung pada Minggu, Desember 2022 pukul 03.00 dini hari.

Sebagian besar masyarakat juga telah menjaga berbagai posko pengungsian yang disediakan pemerintah dan relawan.

Sebelumnya, status dinaikkan dari Waspada (Level III) menjadi Waspada (Level IV).

Baca: Waspada, Gunung Semeru Meletus dan Mengeluarkan Awan Panas

Peningkatan status ini dimulai pada Minggu 4 Desember 2022 pukul 12.00 WIB.

Dengan peningkatan status tersebut,Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Hendra Gunawan, mengimbau kepada masyarakat agar tidak ada aktivitas dalam radius delapan kilometer (km) dari puncak.

“Dan (tidak ada aktivitas) di sektor arah tenggara (Besuk Kobokan dan Kali Lanang) hingga 19 kilometer dari puncak,” kata Hendra. (*/Ikh)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.