Dua Pasien Gejala Cacar Monyet di Makassar Dinyatakan Negatif

waktu baca 2 menit
Ilustrasi Gambar

Berita Sulawesi Selatan, gemasulawesi – Dua pasien gejala cacar monyet di Makassar, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Selatan merilis hasil pemeriksaan kedua pasien tersebut dinyatakan negatif.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan dr Erwan Tri Sulistyo di Makassar, Jumat 27 Agustus 2022.

“Ya, mereka dikonfirmasi negatif cacar monyet berdasarkan hasil lab yang kami terima,” ucap dr Erwan Tri Sulistyo.

Ia menjelaskan, sejak virus monkeypox atau cacar monyet masuk ke Indonesia, surveilans tingkat rumah sakit akan terus dilakukan di puskesmas di berbagai wilayah di Sulawesi Selatan untuk mencegah penyebarannya.

Ia mengatakan, ketika ada terduga pasien gejala cacar monyet, segera dilakukan pemeriksaan dan pemantauan kepada keluarganya agar bisa segera dicegah penyebarannya bila terkonfirmasi positif.

Dia berharap masyarakat dapat segera melaporkan bila ada anggota keluarga, kerabat, dan tetangga yang memiliki gejala mirip monkeypox. Hal ini memungkinkan petugas Puskesmas untuk memberikan perawatan segera dan mengumpulkan sampel untuk diagnosis dan pencegahan.

Untuk mencegah cacar monyet, dinas kesehatan setempat mengimbau masyarakat di Sulawesi Selatan untuk mengikuti protokol kesehatan, khususnya penggunaan masker.

“Virus cacar monyet ini hampir sama dengan Covid-19, penularannya juga cepat, sehingga pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sangat penting untuk mencegah virus ini,” ucap Erwin.

Baca: Penahanan Roy Suryo, Polda Metro Perpanjang Masa Tahanan

Kepala Dinas Kesehatan Makassar Nursaidah Sirajuddin merasa lega saat kedua pasien terduga cacar monyet itu ternyata cacar air normal. Kedua pasien tersebut dirawat oleh dokter kulit dan dokter penyakit dalam.

Sebelumnya, seorang pasien yang diduga menderita monkeypox atau cacar monyet dirawat di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Hasanuddin. Sementara itu, satu pasien lagi dirawat di RS Labuang Baji Makassar. (*/Ikh)

Baca: 60 Personel Tagana Parigi Moutong Bantu Pemulihan Banjir Torue

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.