Enam Parpol di Parigi Moutong Memenuhi Syarat Verifikasi Faktual

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Komisioner Divisi Teknis KPU Parigi Moutong Dirwan Korompot (Kanan). (Foto/Facebook KPU Kabupaten Parigi Moutong)

Berita , gemasulawesi – Enam partai politik (Parpol) di , Provinsi Sulawesi Tengah dinyatakan lolos dan memenuhi syarat perbaikan oleh Komisi Pemilihan Umum .

Hal itu diungkapkan Komisioner Divisi Teknis Dirwan Korompot, usai rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perbaikan kepengurusan dan keanggotaan parpol calon peserta pemilu 2024 di Parigi, Kamis 8 Desember 2022.

“Partai yang kepengurusan dan keanggotaannya sesuai model data RI untuk setelah melalui tentunya dinyatakan telah memenuhi syarat sesuai regulasin PKPU,” ucap Dirwan Korompot.

Ia menjelaskan, enam partai dinyatakan memenuhi persyaratan hasil cek fakta, antara lain Partai Ummat, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), serta Partai Garuda dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

Baca: Komisioner KPU Parigi Moutong Pilih Angkut Motor Ketimbang Tim Verifikator

Dua partai lainnya, yakni Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) dan Partai Buruh dinyatakan tidak memenuhi syarat karena gagal melakukan perbaikan .

“Data partai politik yang sudah terverifikasi sebenarnya disajikan dalam saluran atau aplikasi khusus yang didedikasikan untuk sistem partai politik (Sipol),” kata Dirwan.

Ia menjelaskan, rapat pleno terbuka hanya dihadiri enam partai yang memenuhi syarat, setelah itu berita acara hasil sidang paripurna dikirim ke Sulawesi Tengah melalui Sipol untuk kembali di pleno tingkat provinsi dengan menghadirkan kabupaten/kota beserta parpol.

Baca: KPU Parigi Moutong Verifikasi Faktual 8 Parpol Peserta Pemilu

Ia mengatakan, sampel data Partai Buruh dikirim ke oleh RI, ternyata kepengurusan partai tidak ada di kabupaten ini, jadi otomatis tidak lolos, sama seperti PSI, namun di daerah lain kepengurusan mereka ada.

Ia menambahkan, setelah tahap rekapitulasi di provinsi, sesuai tahapan dan jadwal pada 14 Desember 2022, RI akan mengumumkan partai-partai peserta pemilihan sembilan parpol di Provinsi secara nasional.

Secara khusus, sembilan partai lainnya dinyatakan telah memenuhi ambang batas parlemen empat persen atau memiliki kursi di DPR-RI, tidak dilakukan karena secara tidak langsung lolos sebagai peserta pemilu.

Baca: DKPP Berhentikan Abd Chair Sebagai Anggota KPU Parigi Moutong

“Sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 55/PUU-XVIII/2020, sembilan partai memiliki kursi di DPR-RI, yaitu PDI Perjuangan, PKS, NasDem, Demokrat, Gerindra, PKB, PAN , Golkar dan PPP” pungkas Dirwan. (Ikh/Dn)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.