Hadianto Rasyid, Mendorong Umat Islam Untuk Mempererat Silaturahmi

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Hadianto Rasyid Saat Khutbah Idul Fitri 1443 Hijriah Di Lapangan Vatulemo

Palu, gemasulawesi – Wali Kota Palu, mengatakan merupakan dorongan bagi umat Islam untuk mempererat silaturahmi guna membangun keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Baca: Ribuan Jamaah Melakukan Shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal

“Ini adalah masa yang sangat baik dan penting bagi umat Islam, tentunya di 1 syawal ini kita terlahir sebagai manusia baru setelah sebulan berpuasa di bulan suci Ramadhan,” kata saat khutbah Idul Fitri. 1443 Hijriah di Lapangan Vatulemo, Kota Palu, .

juga menjelaskan bahwa pada hari Idul Fitri, umat Islam diwajibkan untuk saling memaafkan atas kesalahan dan kesalahan masa lalu dan untuk mengatur kembali hubungan di antara mereka sendiri sebagai bagian dari kesatuan umat.

Baca: Berburu Oleh Oleh Khas Palu

Setelah sebulan menahan dahaga dan haus serta melawan hawa nafsu, beliau mengatakan, pada hari fitri ini kaum muslimin merayakan hari kemenangan, menuju kesetaraan, untuk meneguhkan keimanan dan ketakwaan karena dunia ini hanya sementara dan semua makhluk akan kembali ke tempat semula tentunya ke penciptanya.

“Dan ingatlah dunia ini diciptakan hanya untukmu, tapi ingatlah kamu tidak diciptakan untuk dunia ini,” jelas dalam khutbah .Oleh karena itu, beliau mengingatkan  umat untuk mempersiapkan diri dengan berbagai bekal dalam menghadapi kematian, salah satu bekal untuk menghadapi kehidupan abadi,dengan memperbaiki hubungan antar sesama manusia. Juga, yang paling penting adalah meminta maaf kepada kedua orang tua atas kesalahan masa lalu, baik disengaja atau tidak.

Baca: Jangan Panik! Segera Minum Ini Jika Kolesterol Naik Dan Tensi Tinggi

mengatakan di khutbahnya, bahwa pentingnya keridhaan kedua orang tua adalah pintu surga, maka dari itu kita dianjurkan untuk memohon ampun kepada keduanya, karena manusia lahir dari rahim ibu, tidak sepantasnya kita berteriak, memarahi ibu, dan berkata kasar.

Pada kesempatan Idul Fitri tahun ini, pemerintah mengizinkan umat Islam untuk sholat berjamaah di masjid dan lapangan terbuka selama pandemi COVID19. (*)

Baca: Prabowo Subianto Melakukan Silaturrahmi ke Rumah Megawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.