Harga Telur Naik, Omset Pedagang di Makassar Turun Drastis

waktu baca 2 menit
Harga Telur Naik, Omset Pedagang di Makassar Turun Drastis

Berita Sulawesi Selatan, gemasulawesi – Harga telur ayam di sejumlah pasa tradisional Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, naik Rp5.000 dari sebelumnya Rp50.000 per raknya kini menjadi Rp55.000 per rak sehingga menyebabkan omzet pedagang anjlok drastis.

Lonjakan ini tidak hanya terjadi pada telur ayam, tetapi juga pada telur bebek. Harga telur bebek naik dari Rp 65.000 per rak menjadi Rp 85.000 per rak.

Beberapa pedagang di Pasar Pabaeng-baeng Makassar mengakui bahwa kenaikan harga semua jenis telur terjadi di tingkat peternak sehingga menyebabkan kenaikan harga jual.

“Naik 5.000 rupiah, beda jauh setelah lebaran, kami masih jual 50.000 rupiah per rak. Bukan dari bawa yang naikan harga, itu karena peternak,” ucap Askari, pedagang di Pasar pabaeng-baeng, pada Kamis 25 Agustus 2022.

Untuk telur ayam harganya Rp 55.000 per rak, untuk telur bebek harganya Rp 85.000, itu harganya sekarang beda kalau dulu.

Akibat kenaikan harga, Askari mengakui bahwa penjualan pedagang menurun setiap hari.

“Sudah dua minggu omset turun. Bahkan para pedagang bakso yang menjadi pelanggan kami sudah tidak menggunakan telur lagi,” terangnya.

Baca: Seorang Pria Ditemukan Meninggal Dunia di Kamar Kos, Diduga Sakit

Selain pedagang, masyarakat juga mulai mengeluhkan kenaikan harga. Untuk melakukan keadilan terhadap kenaikan harga, pembelian telur juga telah dikurangi.

“Harga naik tajam. Sekarang antara Rp 55.000-60.000 per rak, dulu bisa Rp 48.000 per rak,” ucap Mariana, seorang pembelanja di pasar itu.

Masyarakat juga berharap pemerintah segera mengambil tindakan untuk menstabilkan harga telur di pasar saat ini.

Ia mengatakan, kami berharap harga telur bisa turun seperti sebelumnya karena semua bahan naik. (*/Ikh)

Baca: OPD Teknis Parigi Moutong Soal Pengangkatan Masih Belum Ada

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.