Dari Tukang Bersih-bersih Sampai Jadi Pelatih Piala Dunia: Siapakah Manajer Sepak Bola Arab Saudi Hervé Renard?

waktu baca 2 menit
Ket. Foto: Herve Renard (twitter.com/Herve_Renard_HR)

Olahraga, Gemasulawesi mendapatkan kemenangan bersejarah atas di Qatar pada hari Selasa, mengalahkan tim sepak bola pria Amerika Selatan – peringkat ketiga di dunia oleh FIFA – 2-1. Kunci di balik kemenangan mereka? Pelatih Prancis Herve Renard manajer pada 2019 serta mendorong tim menuju kesuksesan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Perjalan hidup Renard sendiri jauh dari kata mudah dan mulus. Penduduk asli Aix-les-Bains memulai sebagai bek di tim sepak bola Prancis sepanjang 1980-an dan 90-an, namun cedera lutut pada 1998 menghancurkan karier bermainnya.

Baca: Momen Kemenangan Arab Saudi Menang Atas Argentina, Jadi Libur Nasional Arab Saudi

Tak lama kemudian, pada usia 30 tahun, ia menjadi pelatih Draguignan SC, sebuah tim kecil di Prancis selatan. Dia juga mulai bekerja sebagai pembersih di antara sesi pelatihan dan akhirnya mendirikan perusahaan kebersihannya sendiri.

Kembali ke hari-hari awal kepelatihannya, masih merupakan prospek yang sangat jauh bagi calon manajer.

“Itu adalah mimpi masa kecil, yang bahkan tampak tak terbayangkan,” kenangnya saat berbicara dengan AFP.

Datang tahun 2004, Renard menghadapi kendala lebih lanjut setelah tugas singkatnya di Cambridge United – tim liga Inggris yang lebih rendah – berakhir dengan pemecatan.

Namun demikian, peruntungannya menjadi miliknya pada tahun 2010-an. Setelah bertahun-tahun bekerja untuk tim dan klub nasional yang berbeda di Afrika dan Asia, dia memimpin Zambia dan Pantai Gading untuk menang di Piala Afrika masing-masing pada tahun 2012 dan 2015 – menjadikannya pelatih pertama yang memenangkan trofi dua kali dengan dua negara berbeda.

Baca: Ini Lho Makna Dari Maskot Piala Dunia Qatar La’eeb Serta Bola Yang Digunakan

Pada Juli 2019, Renard telah menandatangani kesepakatan untuk menjadi manajer , memimpin negara Teluk Arab itu meraih kemenangan telak melawan di 2022.

“Semua bintang di langit selaras untuk kami,” kata pelatih Prancis itu kepada wartawan setelah kemenangannya pada Selasa. (*/GLR)

Editor: Gracesilia Shea Arsiane

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.