Kasus Suap Penerimaan Bintara, Briptu Bagas Ray Dipecat

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Kasus suap penerimaan bintara Ilustrasi Gambar

Berita Sulawesi Tenggara, gemasulawesi – , Anggota Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara, Brigadir Polisi Satu (Briptu) Bagas Ray dipecat atau dijatuhkan sanksi pemberhentian dengan tidak hormat (PTDH).

Hal itu diungkapkan Kombes Prianto Teguh, Kepala Bidang Profesi dan Pengamanan (Kabid Propam) Polda Sulawesi Tenggara, Rabu 28 September 2022, keputusan tersebut berdasarkan hasil sidang kode Etik Profesi Polri di kantor Bidpropam Polda Sulawesi Tenggara.

“Sudah kami sidangkan, yang bersangkutan melanggar kode etik Polri, yang menjadi atensi dari pimpinan bahwa tidak ada calo, masuk polisi musti bayar,” ucap Prianto Teguh di Kendari, Jumat 30 September 2022.

Prianto menjelaskan, oknum anggota yang bertugas di Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara itu terbukti melakukan perbuatan yang memalukan dan mencoreng nama baik institusi Polri. Brigadir BR terjaring OTT meminta dan menerima sejumlah uang dari seorang casis yang terlibat dalam perekrutan anggota Polri pada 2022.

Prianto menegaskan, Itu terbukti Briptu Bagas melakukannya, perbuatannya itu memalukan dan divonis PTDH, kasus tersebut sudah berlangsung sejak Juni 2022 saat OTT terhadap Briptu Bagas di rumahnya dengan barang bukti Rp 200 juta.

Baca: Tujuh Rumah di Jeneponto Dibongkar Petugas Nyaris Ricuh

“Pada awalnya kami mendapatkan laporan. Kami menangkap yang bersangkutan di rumahnya. Buktinya sekitar Rp. 200 juta dari seorang casis. Kami telah mendiskualifikasi casis itu (yang memberi uang),” kata Prianto.

Selain Brigadir Bagas, lanjut Prianto, kasus serupa juga melibatkan orang lain terkait dugaan menerima suap penerimaan casis Bintara Polri 2022. Yang bersangkutan yakni Brigadir I Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Sulawesi Tenggara.

Prianto mengatakan dua orang yang dimaksud yaitu Brigadir BR dan Bripka I yang saat ini sedang dilakukan pemeriksaan tetapi belum disidang. (*/Ikh)

Baca: Meski Dibatalkan, PLN Tetap Lanjutkan Uji Coba Kompor Listrik

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.