Meski Dibatalkan, PLN Tetap Lanjutkan Uji Coba Kompor Listrik

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Kompor Listrik (Foto/Ilustrasi Gambar)

Berita Nasional, gemasulawesi – , Direktur Distribusi PT PLN (Persero) mengatakan pihaknya akan tetap lanjutkan uji coba konversi kompor LPG 3 kg ke kompor listrik induksi.

Hal itu diungkapkan Direktur Distribusi PT PLN (Persero) Adi Priyanto dalam acara Ngopi BUMN di Jakarta, Kamis 29 September 2022.

“Uji coba jalan. Di Solo dan Denpasar. Nanti kita lihat bagaimana perilaku pelanggan ini akan seperti apa, kemudian kita perhatikan apa kelemahannya, apa kelebihannya, tentu kita akan laporkan kepada pemerintah,”

Adi menjelaskan, program uji coba konversi dari kompor LPG ke kompor listrik dihentikan atas permintaan pemerintah karena kondisi sosial ekonomi masyarakat. Demikian pula, rencana pembelian kompor listrik induksi yang akan ditargetkan 300.000 unit untuk 15,3 juta pelanggan juga telah resmi dibatalkan.

Adi mengatakan PLN melihat peluang untuk mengembangkan kompor listrik. Untuk itu, hingga saat ini PLN diminta melakukan uji coba atau pilot project di dua kota, yakni Solo dan Denpasar.

“1000 di Denpasar, 1000 di Solo, kita lihat perkembangannya, nanti kita lihat bagaimana respon masyarakat yang akan menggunakan kompor listrik,” ucapnya.

Sementara itu, Staff Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan PLN sebagai operator hanya mengikuti arahan pemerintah terkait program konversi kompor listrik. Meski prosesnya sedang berjalan, Arya mengatakan Departemen ESDM memiliki kewenangan untuk mengatur kebijakan itu.

Arya menambahkan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) tahu masalah itu diteruskan atau apa tidak, bukan ranah pihaknya. Pihaknya hanya melaksanakan saja.

Baca: Penambahan Tiga Pesawat Sukhoi Perkuat Lanud Sultan Hasanuddin

Sebelumnya, PLN secara resmi membatalkan program konversi dari kompor LPG 3kg ke kompor listrik agar masyarakat tetap nyaman di masa pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19.

“PLN telah memutuskan untuk mengakhiri program beralih ke kompor listrik. PLN hadir untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat melalui pasokan listrik yang andal,” ucap Darmawan Dirut PLN. (*/Ikh)

Baca: Tujuh Rumah di Jeneponto Dibongkar Petugas Nyaris Ricuh

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.