Koperasi di Parigi Moutong Merambah Sektor Usaha Lain

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Kadis Koperasi dan UMKM Parigi Moutong. (Foto/Istimewa)

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi.com- Sejumlah di Kabupaten , merambah sektor usaha lain seperti, pertanian, perikanan, perkebunan dan perdagangan.

Hal itu dibenarkan, Kepala Dinas dan UMKM, Sofiana yang dikonfirmasi gemasulawesi.com, Minggu, 20 Februari 2022.

Lanjut dia, pihaknya mencatat dari 223 dan KUD yang tersebar di , puluhan diantaranya telah merambah berbagai sektor usaha.

Baca: Wakil Ketua DPRD Parigi Moutong Jadi Tersangka

“Jadi begini, - ini bukan lagi hanya bersifat simpan pinjam, tetapi mulai merambah pengembangan usaha lainnya. Ini adalah upaya dalam pemulihan dan peningkatan masyarakat,” terangnya.

Ia mengatakan, langkah pengembangan usaha oleh pihak dan KUD itu diharapkan juga bisa menekan angka kemiskinan di daerah.

Untuk itu kata Sofi, akan ada reward diberikan kepada yang dinilai membantu program-program pemerintah dalam peningkatan kerakyatan.

Baca: Tercatat 106 Koperasi Masih Aktif Beroperasi di Parigi Moutong

“Peningkatan yang dimaksud disini adalah, memberikan modal anggota yang berstatus petani, pedagang, nelayan dan penerima jasa,” urainya.

Sofi mengatakan, modal pinjaman yang diberikan dalam bentuk barang, contohnya petani, pihak koperasi akan meninjau terlebih dahulu kebutuhan bibit dan pupuk, setelah itu baru diberikan pinjaman.

Baca: Nelayan Parigi Moutong Diminta Tidak Perjual Belikan Penyu Hijau

Berdasarkan data kata dia, ada 100 koperasi telah mengembangkan usahanya, ada Lima koperasi mendapatkan bantuan dari kementerian kelautan dan perikanan berupa excavator.

“Ada juga beberapa koperasi yang meningkatkan usaha mereka melalui pengadaan alat berat excavator yang diinvestasikan ke wilayah Kabupaten Morowali,” pungkasnya. (wn/fan)

Baca: Parigi Moutong Tingkatkan Kapasitas Lembaga Koperasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.