OPD Bersinergi Gencarkan Program Palu Menuju Kota Sehat

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Palu Rochmat Jasin (Foto/dinkes.palukota.go.id)

Berita , gemasulawesi – Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) , , bersinergi gencarkan pada tahun 2023.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Rocmat Jasin yang menindaklanjuti hasil pertemuan penguatan kota sehat di , Selasa 15 November 2022.

“Kota sehat merupakan salah satu dari 53 prioritas pemerintah kota Paluguna untuk mewujudkan masyarakat perkotaan yang Tangguh,” ucap Rochmat Jasin.

Ia menjelaskan, untuk menjadi kota yang sehat, sembilan indikator harus dipenuhi sebagai syarat utama, termasuk tatanan permukiman.

Baca: Jelang Pemilu, Pemkot Palu Beri Pendidikan Politik ke Masyarakat

Fasilitas dan prasarana yang sehat, sehingga tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi yang sehat, tatanan pariwisata yang sehat, tatanan pertambangan yang sehat, tatanan hutan yang sehat, tatanan kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri, ketahanan pangan dan gizi ketentuan, serta tatanan kehidupan masyarakat yang sehat.

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan sebagai salah satu OPD diminta untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, memperhatikan ketersediaan gizi ramah anak dan menggenjot promosi kesehatan (Promkes) di masyarakat.

“Sebagai bentuk kerjasama, OPD harus bekerja secara simultan, selalu menjalin koordinasi dengan pemerintah kecamatan dan kelurahan,” ujar Rochmat.

Baca: Pemkot Palu Terapkan Teknologi Sanitary Landfill Kelola Sampah di TPA

Ia mengatakan, Pemkot telah membentuk Forum Kota Sehat tingkat kecamatan dan Kelompok Kerja (Pokja) tingkat Kelurahan sebagai sarana komunikasi.

Dari forum dan kelompok kerja tersebut, Pemkot fokus menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat terhadap sembilan indikator tersebut, antara lain edukasi open defecation free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan.

Rochmat mengatakan, melalui ini, setiap instansi melakukan intervensi dengan memberdayakan masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Baca: Pemkot Palu Minta Tingkatkan Disiplin Pegawai Demi Kualitas Pelayanan Publik

Di bidang kesehatan tentunya kita melakukan promosi kesehatan dengan memberikan pemahaman kepada warga untuk menjaga kesehatan lingkungan melalui penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Ia menambahkan bahwa tujuan dari ini adalah untuk menciptakan kondisi kota yang bersih, nyaman dan layak huni guna memberikan kesejahteraan bagi penghuninya dalam berbagai aspek.

Kota Sehat sejalan dengan upaya Kota meraih penghargaan Adipura. ini dimaknai secara lebih luas yaitu kesehatan yang tidak lain manfaatnya bagi kemaslahatan masyarakat,” pungkas Rochmat. (*/Ikh)

Editor: Muhammad Ikhsan

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.