Pemkot Palu Manfaatkan Digitalisasi Arsip Lewat Aplikasi Srikandi

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Sekretaris Daerah Kota Palu Irmayanti Pettalolo (Foto/Sulteng news)

Berita Sulawesi Tengah, gemasulawesi – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, manfaatkan sistem digitalisasi lewat aplikasi Srikandi sebagai tempat penyimpanan arsip daerah yang lebih aman, ketimbang penyimpanan yang dilakukan secara manual.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Kota Palu, Irmayanti Petalolo saat menghadiri sosialisasi kearsipan daerah di lingkungan Pemkot Palu, Rabu 21 September 2022.

“Arsip sangat penting dalam pelaksanaan tata pemerintahan. Arsip adalah saksi bisu perjalanan peradaban,” ucap Irmayanti Petalolo.

Dari semua aset negara, arsip merupakan salah satu aset yang paling berharga menurut dia karena merupakan warisan turun temurun yang harus dipelihara dan dilestarikan.

Oleh karena itu diperlukan wadah penyimpanan yang tahan dalam jangka panjang, salah satu tempat yang dianggap cocok melalui digitalisasi. Itu juga sesuai dengan perkembangan zaman.

“Penyelenggaraan kearsipan bertujuan untuk menjamin terbukanya arsip dan ketersediaan arsip yang otentik dan terpercaya,” kata Irmayanti.

Terwujudnya pengelolaan arsip yang handal untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi.

Pemerintah telah meluncurkan aplikasi digitalisasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) yang dapat menyimpan dokumen dalam jumlah besar secara sistematis.

Baca: Harga Telur Ayam Ras Rp30.400/Kg, Mendag Zulkifli Hasan: Turun 3,18%

Mengenai arsip, kata dia, Kota Palu masih perlu pembenahan sesuai hasil penilaian pemerintah pusat. Oleh karena itu, setiap organisasi perangkat daerah (OPD) harus berkontribusi dalam penyelenggaraan arsip daerah.

Menurut Irmayanti, setiap dokumen memiliki catatan historis sebagai bagian tidak terpisahkan dari proses pembangunan daerah.

“Untuk memaksimalkan penggunaan perangkat tersebut, diperlukan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) dalam pengelolaannya,” pungkas Irmayanti Petalolo. (*/Ikh)

Baca: IPB dan Pemda Parigi Moutong Kerjasama Inovasi Gula Sagu

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.