Ratusan Buruh Migran Indonesia Meninggal Dunia di Penjara Malaysia

waktu baca 2 menit
Foto Istimewa

Berita Nasional, gemasulawesi – di penjara tahanan Imigrasi Sabah, dari kejadian itu Komisi I DPR RI Fraksi PKS mendesak agar pemerintah memberi perhatian ekstra terhadap temuan Koalisi Buruh Migran Berdaulat (KBMB).

Hal itu diungkapkan Komisi I DPR RI Fraksi PKS, Sukamta kepada jurnalis, pada Rabu 29 Juni 2022.

“Saya meminta Kementerian Luar Negeri untuk segera menindaklanjuti  ini, terutama ketika ada laporan penyiksaan yang dialami oleh tahanan WNI disana,” kata anggota Komisi I kepada wartawan Fraksi PKS DPR RI, Sukamta, Rabu 29 Juni 2022.

Menurut Sukamta, informasi yang beredar di berbagai media tentang bertahun-tahun peristiwa penyiksaan terhadap warga negara Indonesia harus diungkapkan sepenuhnya. tegas dia, KBRI Malaysia sudah tahu apa yang terjadi kalau kasus ini sudah berlangsung lama.

Baca: Mahasiswi di Kota Makassar Tewas Jatuh dari Gedung Graha Pena Fajar

Ia menjelaskan, ada yang aneh, hasil KBMB berdasarkan data dari Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta, ada yang meninggal dalam tahanan antara tahun 2021 hingga 2022, sedangkan menurut KJRI hanya ada 7 WNI yang meninggal pada kurun waktu yang sama. Perbedaan datanya sangat terlihat.

Untuk mengefektifkan proses penyidikan, Sukamta mengusulkan pembentukan tim adhoc. Yakni, terdiri dari Kementerian Luar Negeri, Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Interpol Indonesia, yang juga termasuk perwakilan organisasi pekerja migran.

“Saya berharap kasus ini bisa segera terungkap karena sangat ironis ketika temuan ini muncul. Pemerintah juga harus segera mengambil langkah-langkah dan pedoman yang tegas agar hal yang sama tidak terjadi lagi di kemudian hari,” ujar Wakil Ketua Fraksi PKS ini. (*/Ikh)

Baca: Usai Pilkades Serentak, PMD Parigi Moutong Buka Posko Pengaduan

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.