Peringati Hari Harkannas Ratusan Siswa di Parigi Tanam Manggrove

waktu baca 2 menit
Potret Siswa di Parigi Tanam Manggrove. (Foto/Duan)

Nasional, Gemasulawesi – Dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional () ratusan siswa SD dan SMP di , Sulawesi tengah melakukan penanaman mangrove, di pesisir Teluk Tomini, Minggu 20 November 2022.

Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Parigin Mountong, Ibrahim mengatakan, pelibatan peserta didik sebagai bentuk partisipasi untuk menyukseskan rangkaian ke -9.

“Ratusan siswa dan siswi tingkat satuan pendidikan SD dan SMP menanam 44 ribu bibit mangrove atau bakau, sekaligus memecahkan rekor MURI lokasi terbanyak penanaman,” terang Ibrahim.

Melanjutkan, kegiatan yang digagas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bukan hanya upaya meraih rekor MURI. Ini bagian dari edukasi kepada peserta didik bahwa pelestarian lingkungan itu penting ditanamkan sejak dini lewat aksi tersebut.

Baca: Masjid Al Muttaqin Antang Makassar Jadi Posko Pengungsian

Dijelaskan, untuk meriahkan 500 siswa yang terlibat terdiri dari SD mulai kelas V dan VI. Sementara untuk SMP dari kelas VII sampai dengan kelas IX yang berasal di 22 kecamatan di .

“Giat ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan hutan bakau dikawasan pesisir Teluk Tomini, yang mana panjang garis pantai kabupaten tersebut kurang lebih 472 kilometer,” tambah Ibrahim.

Disisi lain Kepala Bidang Penaatan dan Penataan Lingkungan Hidup (DLH) , Muh Idrus mengapresiasi kegiatan yang berlangsung hari ini. tak hanya siswa, namun tenaga pendidik turut terlibat.

Muh Idrus menambahkan, aksi ini juga dirangkaikan dengan bulan cinta laut pada momen . Masing-masing titik penanaman dipantau melalui virtual dari venue utama di Pantai Mosing, Kecamatan Tinombo Selatan.

Baca: Ternyata Supir Bus di KTT G20 Diseleksi Secara Ketat

“Pemkab juga melibatkan masyarakat setempat, termasuk gerakan Pramuka, pengurus Karangtaruna, organisasi Kelompok Pencinta Alam (KPA), organisasi kepemudaan dan pegawai pemerintah daerah (Pemda) setempat. Dengan masing-masing kecamatan disiapkan empat titik dengan estimasi partisipan 100 orang,” jelasnya.

Muh Idrus menuturkan untuk penyerahan piagam MURI akan dilakasanakan pada hari puncak , yang nanjtinya diperingati pada 21 November 2022 mendatang.

“Lewat gerakan ini, diharapkan masyarakat lebih cinta terhadap lingkungan guna menjaga kelestarian ekosistem kawasan Teluk Tomini,” tutupnya. (*/DN/NRU)

Editor: Gracesilia Shea Arsiane

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.