Rusdy Mastura: Tangkap Pelaku Perusakan Kantor AKM di Poboya

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Warga bakar alat berat di perusahaan tambang poboya (foto/SS video warga)

Berita Sulawesi Tengah, gemasulawesi – Rusdy Mastura, Gubernur Sulawesi Tengah, instruksikan aparat Kepolisian Resor Palu untuk tangkap pelaku perusakan Kantor PT Adijaya Karya Makmur (AKM) di lokasi tambang emas Poboya, Kota Palu, Minggu 18 September 2022.

Hal itu diungkapkan Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura saat meninjau langsung lokasi tambang emas setelah kasus perusakan di Kelurahan Poboya, di Palu.

“Kami mohon kepada Polres Palu untuk menangkap pelaku perusakan dan kebakaran di kantor PT AKM,” ucap Rusdy Mastura.

Rusdy juga mengatakan bahwa pihak keamanan kepolisian harus mengutamakan cara-cara persuasif agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ia menjelaskan, agar ketertiban dan ketenangan diutamakan, maka proses akan selesai. Karena dalam demonstrasi seperti ini, harus ada yang bergerak dari belakang untuk mendapatkan keuntungan.

Di lokasi yang sama, Kapolres Palu Barliansyah mengatakan, pihaknya mengerahkan 300 tentara untuk mengamankan kantor PT AKM, lokasi tambang emas di Kelurahan Poboya, Palu.

“Pasukan kita di sini sudah 100 orang dan kita tambah masing-masing 200 lagi dari Brimob dan Ditsamapta Polda Sulteng,” ucap Kombes Pol. Barliansyah.

Kapolres mengumumkan bahwa seorang karyawan PT AKM terluka parah akibat vandalisme tersebut. Karena kepalanya terkena benda tajam.

Baca: Jenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Tiba Senin Malam

Korban dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Selain merusak kantor, para pengunjuk rasa asli juga membakar tiga alat berat dan sebuah mobil operasional bak terbuka.

Ia menjelaskan bahwa PT AKM merupakan kontraktor PT Citra Palu Mineral (CPM) sebagai pemegang kontrak kerja pada sebuah perusahaan pertambangan di Desa Poboya, Kota Palu.

Oleh karena itu, Kapolres Palu meminta masyarakat memahami bahwa tidak ada tempat untuk kegiatan penambangan liar (PETI) di Desa Poboya, Kota Palu. (*/Ikh)

Baca: Warga Palu Bakar Alat Berat di Lokasi Tambang Emas Poboya

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.