Tata Kelola Keuangan Desa Bambalemo Parigi Moutong Disebut Buruk

waktu baca 2 menit
Inspektur Inspektorat Parigi Moutong Adrudin Nur

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi – Tata kelola keuangan Desa Bambalemo, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, dinilai masuk dalam kategori buruk setelah dilakukan evaluasi.

Inspektur Inspektorat Parigi Moutong, Adrudin Nur mengatakan, pihaknya saat ini telah mengeluarkan surat tugas kepada tim untuk melakukan pemeriksaan dan penyidikan terhadap tata kelola pengelolaan keuangan desa di desa tersebut.

“Setelah ditelusuri lebih lanjut, semua orang yang terlibat dalam pengelolaan keuangan desa akan diperiksa tanpa terkecuali. Baik kepala desa, sekretaris desa dan Kaur juga akan diperiksa. Asalkan dia terlibat dalam pengelolaan keuangan desa, kami akan memeriksanya,” jelasnya saat ditemui pada Kamis 23 Juni 2022.

Diakuinya, Desa Bambalemo termasuk dalam salah satu penilaian buruk dari 99 desa yang dinilai oleh Inspektorat Parigi Moutong. Karena itulah Desa Bambalemo masuk dalam sistem pemeriksaan khusus (Pemsus).

Baca: Perkuat Struktur Organisasi, DPD Nasdem Parigi Moutong Gelar Rapat

Dia tidak yakin berapa lama tim perlu menyelidiki. Tentu saja, kata Adrudin, penyelidikan akan dilakukan di Desa Bambalemo secepatnya.

“Soal adanya penyegelan tentunya menimbulkan permasalahan yang cukup serius, saya juga akan tanyakan ke tim pemeriksa khusus untuk segera menangani desa Bambalemo,” jelasnya.

Diketahui, sejumlah warga mendatangi kantor Desa Bambalemo dan membentangkan spanduk bertuliskan “Kantor desa ini disegel”.

Tindakan ini merupakan bentuk kekecewaan mantan kepala desa Bambalemo yang tidak pernah menerbitkan laporan pengelolaan APB desa selama menjabat. (*Ikh)

Baca: Divonis Hukuman 2 Tahun, Mantan Kadis DPRP Palu Ajukan Kasasi

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.