Tekan Laju Inflasi, Pemkot Palu Gelar Operasi Pasar Murah

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Warga antusias hadiri pegelaran pasar murah (Foto/Ilustrasi Gambar)

Berita Sulawesi Tengah, gemasulawesi – Tekan laju inflasi akibat dampak dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, Sulawesi Tengah, gelar operasi pasar murah bahan pangan.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kota Palu, Zulkifli di Palu, Jumat 23 September 2022.

“Penyesuaian pemerintah terhadap harga BBM bersubsidi dan tidak bersubsidi dapat mempengaruhi harga barang, termasuk makanan,” ucap Zulkifli.

Ia menjelaskan, pasar murah ini tergabung dalam Festival Siranindi atau pesta rakyat di kelurahan Siranindi di Kecamatan Palu Barat yang diikuti oleh 25 distributor/retail dan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Artinya, harga bahan baku yang dijual di pasar murah sesuai dengan harga pedagang, sehingga warga sangat senang menggunakan waktu tersebut untuk berbelanja.

“Pemerintah selalu berusaha hadir bagi masyarakat untuk memberikan kemudahan akses pangan. Karena pangan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap orang,” kata Zulkifli.

Pemkot Palu gelar operasi pasar murah tidak hanya mencakup berbagai kebutuhan pangan saja, tetapi juga melibatkan perwakilan resmi elpiji bersubsidi dan nonsubsidi untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat, karena elpiji juga telah menjadi bagian dari kebutuhan pokok.

Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan Perum Bada Urusan Logistik (Bulog) atas nama Sulawesi Tengah untuk menyediakan berbagai produk unggulannya termasuk beras kemasan.

“Kegiatan ini rencananya akan berlangsung selama tiga hari. Kami juga meminta masyarakat untuk memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya,” ucap Zulkifli.

Atas arahan Presiden Joko Widodo, ia memerintahkan gubernur, bupati, dan wali kota yang daerahnya mengalami inflasi tinggi untuk segera turun tangan. Sulawesi Tengah merupakan daerah dengan inflasi tinggi sebesar 6,2 persen.

Baca: Pemprov Sulawesi Tengah Kukuhkan 10 Tim TPAKD Kabupaten

Ia menjelaskan, Kota Palu sebagai ibu kota Sulawesi Tengah perlu menjaga kestabilan harga pangan dengan memantau harga pasar setiap hari, termasuk rantai pasokan kebutuhan pokok. Piahknya tidak ingin terjadi gejolak harga terjadi di pasar.

Ia menambahkan, pasar murah ini rencananya akan rutin dilakukan oleh Pemerintah Kota Palu dan target pelaksanaan selanjutnya akan dilakukan di Lapangan Vatulemo, Palu dalam waktu dekat.

“Kami telah merencanakan pasar murah dalam rangka HUT Kota Palu ke-44 pada 27 hingga 29 September 2022,” pungkas Zulkifli. (*/Ikh)

Baca: Bantuan Empat Ton Benih Padi IP 400 Untuk Petani di Sigi

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.