Tim Relawan Tagana Bantu Bersihkan Rumah Warga di Torue

waktu baca 2 menit
Foto/Istimewa

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi – Tim relawan Tagana membantu membersihkan rumah warga korban banjir di Desa Torue, dari sisa-sisa material lumpur yang kembali diterjang oleh banjir susulan.

Hal itu diungkapkan Sekretaris BPBD Parigi Moutong, Moh Rivai saat ditemui, Senin 15 Agustus 2022.

“Sejak Minggu 14 Agustus 2022, tim relawan Tagana sudah terlibat membantu warga mengungsi. Hari ini mereka membantu membersihkan rumah warga yang tertimbun lumpur,” ucap Moh Rivai.

Ia mengatakan, hujan deras yang turun pada Minggu siang, membanjiri Sungai Torue dan merusak tanggul darurat, sehingga air bisa leluasa masuk ke pemukiman warga dan membanjiri tiga dusun di desa itu, yakni Dusun 2, Dusun 3, dan Dusun 5.

Ia mengatakan menggunakan peralatan darurat untuk membersihkan rumah warga yang berlumpur. Selama pembersihan, warga kesulitan mendapatkan air bersih karena beberapa sambungan rumah rusak pasca banjir.

“Sebelumnya, Dinas Pekerjaan Umum telah memperbaiki sambungan air di rumah-rumah dan warga bisa menggunakan air bersih. Namun, setelah gempa susulan, sebagian warga kesulitan mendapatkan air bersih,” kata Rivai.

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong tetap fokus memenuhi kebutuhan dasar warga terdampak dengan kebijakan perpanjangan status darurat hingga 12 September 2022.

Baca: Peduli Korban Banjir, Relawan Musisi Palu-Sigi Salurkan Bantuan

Sekitar 30 warga yang terkena dampak dari banjir susulan harus dievakuasi karena rumah mereka masih terendam lumpur dan beberapa perabotan dan peralatan hanyut.

Ia menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan lintas sektor untuk mempercepat penanganan tanggap darurat bencana banjir bandang di Torue.

“Sungai Torue secara khusus akan ditangani oleh Wilayah Sungai Sulawesi III (BWSS III) dan kegiatan normalisasi untuk penanganan darurat saat ini sedang berlangsung,” tutupnya. (*/Ikh)

Baca: Dua Sekolah di Torue Dibangun Tanggul Sementara

Ikuti Update Berita Terkini Gema Sulawesi di: Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.