Tingkatkan Kesehatan Masyarakat, Pemkot Palu Gencarkan Promkes

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu Rochmat Jasin (Foto/dinkes.palukota.go.id)

Berita , gemasulawesi – Tingkatkan kesehatan masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) gencarkan promosi kesehatan () di Ibu Kota Provinsi tersebut.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Rochmat Jasin di Kota , Minggu 8 Januari 2023.

didanai untuk membantu masyarakat lebih memahami pentingnya kesehatan,” ucap Rochmat Jasin.

Ia menjelaskan bahwa kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat, sehingga penting bagi pemerintah untuk memberikan pelayanan prima kepada seluruh fasilitas kesehatan pemerintah.

Baca: Pemkot Palu Cegah Penyalahgunaan Narkoba Jadi Prioritas Utama

Pemkot gencarkan secara luas antara lain dengan pencegahan penyakit menular dan tidak menular, pencegahan stunting atau tengkes, antara lain tentang pola PHBS atau kebersihan lingkungan.

“Mencegah lebih baik daripada mengobati, sehingga perlu dilakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat,” kata Rochmat.

Pemerintah Kota , kata dia, berkomitmen untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan mengikuti beberapa program prioritas, salah satunya adalah program Jumat sehat yang baru diluncurkan beberapa waktu lalu.

Baca: Pemkot Palu Sukses Tekan Kemiskinan 6,63 Persen di Tahun 2022

Selain itu, intervensi lain yang menjadi prioritas pemerintah kota adalah pengendalian virus HIV-AIDS dengan memperluas jangkauan jaringan di wilayah-wilayah terindikasi.

Berdasarkan upaya tersebut, dilakukan skrining lebih lanjut hingga mereka yang dilaporkan tertular penyakit teridentifikasi, dan kemudian dilakukan intervensi pengobatan.

Rochmat mengatakan, pihaknya melakukan berbagai intervensi. Pemerintah tidak pernah lelah melakukan . Ketika status kesehatan masyarakat tinggi, semua aktivitas dilakukan dengan benar begitu pula sebaliknya.

Baca: Ini Strategi Pemkot Palu Capai RTH 20 Persen Luas Wilayah, Bangun Taman Hingga Libatkan Wanita Tani

Selain promosi kesehatan, Pemerintah Kota juga turun tangan mendukung sarana dan prasarana, termasuk ambulans, untuk memperlancar pelayanan kesehatan di setiap desa.

“Kami juga memberikan pelayanan pemberian tablet merah, pemeriksaan kesehatan gratis bagi ibu hamil, remaja dan anak-anak, termasuk pemberian vitamin dan gizi tambahan untuk lansia, serta pelayanan imunisasi,” pungkas Rochmat. (Ikh/Dn)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.