Perlu Diingat! Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Ilustrasi

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Mudik selalu dimanfaatkan masyarakat khususnya yang tinggal di perkotaan saat lebaran idul fitri untuk pulang kampung halaman. agar rumah aman saat ditinggalkan, berikut tips yang baiknya anda lakukan saat lebaran ke kampung halaman.

saat Idul Fitri biasanya dilakukan dalam waktu singkat. Jarak yang jauh dan memakan waktu yang lama, mengharuskan kami meninggalkan rumah dalam waktu yang lama.

Kadang-kadang kita masih merasa khawatir dengan keselamatan rumah kita ikuti tips di bawah ini agar rumahmu aman saat ditinggal :

  1. Mengunci pintu dan jendela

Poin ini adalah yang terpenting.Sebelum keluar rumah,  pastikan  pintu dan jendela dalam keadaan tertutup. Coba buka kembali pintunya untuk memastikan  terkunci atau tidak.

Pintu dan jendela yang tidak terkunci dikhawatirkan sebagai peluang bagi orang lain untuk melakukan  kejahatan.

Tentu saja Anda tidak ingin rumah Anda dibobol, bukan? Karena itu Anda harus berhati-hati saat menutup pintu dan jendela ini.

Baca: Kaban KPSDM Buol Ditetapkan Tersangka Kasus Ilegal Akses

2.Menyimpan Barang Berharga

Barang berharga yang tidak dibawa pulang, seperti perhiasan emas, uang, dan barang elektronik mahal, harus disimpan di tempat yang aman.

Anda dapat menyimpannya di lemari yang dapat dikunci dan kemudian membawa kuncinya saat Anda tiba di rumah.

Hal ini untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan seperti  pencurian saat rumah jauh dari rumah dan jauh dari rumah.

3.Melepaskan sambungan gas dan listrik

Pastikan regulator gas dan semua outlet listrik telah diputus sebelum meninggalkan rumah. Regulator yang masih menempel di tabung gas dapat menimbulkan potensi bahaya saat Anda tiba di rumah.

Begitu pula dengan benda-benda elektronik yang masih tersambung dan dilengkapi dengan listrik, seperti televisi dan internet.

  1. Mematikan aliran air

Disarankan untuk mematikan aliran air yang selalu tersedia di kamar mandi, wastafel, dapur, dll.Jika perlu, tutup saluran pembuangan dari  luar rumah.  Hal ini juga berguna untuk menghemat tagihan air bulanan Anda, sehingga Anda bisa terhindar dari masalah kebocoran air  saat rumah ditinggal.

  1. Membersihkan Rumah Sebelum Anda Kembali ke Rumah

Rumah yang akan bertahan lama saat Anda kembali ke rumah harus dibersihkan terlebih dahulu.

Rumah yang bersih akan membuat Anda merasa lebih nyaman saat Anda dan keluarga kembali ke rumah. Jadi tidak banyak yang harus dibersihkan dan disingkirkan ketika Anda sampai di rumah setelah pulang. (*)

Baca: Simak Tips Berikut untuk Lebih Produktif Saat Bekerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.