Tujuh Sekolah Terbengkalai, UNDP Siap Selesaikan Pembangunan

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Kabid SD Ibrahim (Foto/Dokumentasi gemasulawesi)

Berita , gemasulawesi – , Dinas Pendidikan dan Kebudayaan , , menyatakan United Nations Development Programme (UNDP) siap untuk selesaikan pembangunan tujuh gedung sekolah yang sejak 2021 hingga kini belum rampung.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Manajemen Sekolah Dasar, Disdikbud , Ibrahim, saat dihubungi Rabu 5 Oktober 2022.

“Setelah kami koordinasikan kembali dengan UNDP, mereka siap mereka untuk selesaikan sisa pekerjaan pembangunan di tahun 2023,” ucap Ibrahim.

Ia menyatakan bahwa UNDP bertanggung jawab penuh atas kelalaian PT Istaka Karya dihadapan Gubernur dan Bupati yang menerima program itu, karena hal ini dianggap sebagai kelalaian pihaknya dalam pekerjaan di sekolah itu.

Bahkan, mereka tidak akan membebankan daerah untuk menyelesaikan sisa pekerjaan karena bangunan sekolah dalam kondisi terbongkar total.

“Kami juga sempat mempertanyakan proses pertanggungjawaban karena aset kami sudah terbongkar dan aktivitas belajar siswa terganggu,” terangnya.

Baca: 235.866 KPM di Sulawesi Tengah Telah Terima BLT BBM

Menurut UNDP, keterlambatan pengerjaan tujuh sekolah tersebut karena masalah penagihan dana yang telah diberikan kepada PT Istaka Karya karena dianggap tidak mampu memenuhi pekerjaan. Selain itu, perusahaan tersebut telah masuk daftar hitam oleh Kementerian BUMN.

Ia menambahkan bahwa perusahaan nantinya akan bersedia mengembalikan sisa dana kelebihan pekerjaan, itulah sebabnya pihak UNDP menyusun dokumen tender lelang yang dimulai November hingga Desember 2022.

“Setelah lelang berakhir, insya Allah Januari 2023 kontrak kerja akan dimulai kembali,” tutupnya. (*Mn/Ikh)

Baca: Pemkot Palu Gandeng JOCA Tingkatkan Kapasitas Huntap

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.