Tumbuhan Putri Malu Beserta Sejumlah Manfaatnya, Salah Satunya Atasi Rematik

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Tumbuhan Putri malu. (Foto/Pixabay)

Kupas tuntas, gemasulawesi – atau nama latinnya lebih dikenal dengan nama mimosa pudica suku polong-polongan berasal dari dataran amerika tropis.

Keunikannya melayu saat disentuh membuat manusia selalu penasaran ingin menyentuhnya.

Keberadaan kerap dianggap sebagai gulma atau rumput liar oleh petani karena mengganggu tanaman dan dinilai tidak memiliki manfaat.

Baca: Pekerja Jaringan Internet Tewas Tersengat Listrik di Balaikota Makassar

Namun, jangan salah memliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh manusia, seperti dikutip dari chanel youtube gridkids, Jum’at, 9 Desember 2022, memiliki sifat antibakteri, antidepresan, antikonvulsan, afrodisiak dan tonik.

Tak hanya itu, juga memiliki kandungan kaya alkaloid, flavonoid, asam amino non protein, tanin sterol, terpenoid dan asam lemak.

Karena kandungan ini, dapat menbantu mengobati berbagai macam penyakit.

Baca: Dinkes Palu Sebut Prevalensi Stunting Kota Palu Turun 6,2 Persen

Berikut list manfaat dari pemalu satu ini:

  1. Membantu proses penyembuhan luka dan meredakan sakit, caranya ambil beberapa helai daun terus hancurkan lalu oleskan dibagian tubuh yang luka.
  2. dapat mengatasi nyeri sendi,dengan cara menbuat pasta dari daun Kemudian, oleskan pasta atau daun yang sudah tumbuk pada sendi yang sakit, cukup mendiamkam selama semalaman,tunggu sampai pagi kemudian cuci bekas pasta daun tersebut.
  3. Bisa meredakan rasa gatal,caranya seperti mengatasi rasa sakit pada persendian,buat pasta untuk olesan pada bagian yang gatal dengan menggunakan akar tanaman .
  4. Mengatasi masalah gusi dan menyembuhkan sakit gigi,caranya buat ramuan dari akar tanaman lalu digunakan untuk berkumur.
  5. Mengobati gigitan ular ataupun ular yang berbisa,sebagai pertolongan darurat,minum air masakan akar ,cara buatnya yaitu dengan menyiapkan akarnya 10 gram dan merebusnya dengan 400 ml air dan minum dua kali sehari sampai gigitan ular mereda.
  6. Mampu mengobati sakit asma,caranya cukup konsumsi jus dua kali sehari,putri bisa juga digunakan sebagai pengobatan diabetes dengan meminum 30 ml jus yang diekstrak dari daun lalu diminum secara rutin pagi dan sore hari
  7. Tidak sampai disitu, tanaman liar ini juga bisa menbantu mengatasi insomnia atau sulit tidur, caranya ambil daun tanaman ini sebanyak 5 mg, haluskan untuk membuat pasta, rebus pasta ini dalam air panas dan saring,lalu minum pada malam hari dan dalam 15-20 hari.

Baca: MU Belum Tawarkan Kontrak Baru Kepada David De Gea, Ada Apa?

Meski memiliki beragam khasiat, menkonsumsi secara berlebihan juga tidak dianjurkan.

Terlalu banyak menkonsumsi dapat menyebabkan gangguan seperti alergi mual dan muntah, sakit kepala, memperparah penyakit rematik dan bisa mengganggu aliran darah. (*/Wan)

Editor: Muhammad Azmi Mursalim

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.