Upayakan Pembangunan Tanggul Permanen Pasca Banjir di Torue

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Rumah Warga Rusak Akibat Banjir Bandang Desa Torue

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi – Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong di Provinsi Sulawesi tengah, upayakan pembangunan tanggul permanen pasca banjir bandang di Desa Torue, guna mencegah bencana banjir berulang.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, dan Pertanahan Kabupaten Parigi Moutong Nyoman Adi, yang dihubungi di Palu, Senin 15 Agustus 2022 mengatakan, pemerintah kabupaten telah mengajukan proposal upayakan pembangunan tanggul permanen di sepanjang jalan, Sungai Torue ke Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) III.

“Banjir berikutnya terjadi pada Minggu 14 Agustus 2022 karena bendungan darurat tidak bisa menahan aliran air sehingga jebol dan membanjiri pemukiman tetangga,” ucapnya.

Ia menambahkan, bendungan darurat yang jebol berada di lokasi pertemuan antara alur sungai Torue dan Sampaloe.

Karena itu, kata dia, pemerintah kabupaten telah berkoordinasi dengan BWSS III untuk membangun bendungan permanen di Sungai Torue untuk mengurangi risiko banjir.

Baca: Anggota Paskibraka Diminta Tak Buat Kesalahan

“Tim BWSS III yang turun ke lapangan sudah melakukan penindakan pada bagian yang rusak. Kami menunggu informasi dari mereka untuk penanganan lebih lanjut,” ucap Nyoman.

Ia juga menekankan pentingnya sinergi dan keterlibatan semua pihak dalam pencegahan dan penanggulangan bencana banjir.

Adi Nyoman mengatakan, penanggulangan bencana tidak bisa dilakukan oleh satu otoritas saja, perlu melibatkan semua pihak secara bersamaan dalam melakukan upaya penanggulangan secara simultan. (*/Ikh)

Baca: Usai Disegel, Holywings Makassar Resmi Ganti Nama

Ikuti Update Berita Terkini Gema Sulawesi di: Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.