Ada Sengketa Lahan, Pemprov Sulsel Berhati-hati Membangun Stadion Mattoangin

waktu baca 2 menit
KEt Foto: Kondisi Stadion Mattoangin. (Foto/@instagramsuporter.indo)

Sulawesi Selatan, gemasulawesi – Akibat adanya sengketa lahan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan () mengaku berhati-hati dalam pelaksanaan pembangunan .

Diketahui saat ini lahan ada pihak yang melakukan somasi kepemilikan dan meminta ganti rugi lahan pembangunan terhadap Pemprov.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Hukum Sekretariat Pemprov , di , Selasa, 6 Desember 2022.

Baca: Rp 60 Miliar Disiapkan Untuk Pembangunan Stadion Mattoanging

Melanjutkan, saat ini lahan tempat dibangun ada dua orang yang melayangkan gugatan. Kedua penggugat masing – masing Andi Ilhamsyah Mattalatta dan Teddy Anwar.

“Semua somasi tadi masih berproses, meski Pemprov telah menang pada taraf pengadilan negeri, akan tetapi pihak penggugat masih menempuh upaya banding,” katanya.

menegaskan, kendati proses hukum saat ini sementara berjalan. Niat Pemprov adalah membangun secara permanen, maka dalam 2023 Pemprov rencananya secara menganggarkan pembangunan stadion.

Baca: Demo Ricuh di Kantor Gubernur Sulsel, Anggota Satpol PP Terluka

“Hal tadi dilakukan buat mengantisipasi bila somasi kepemilikan lahan Mattoangin terselesaikan dimenangkan oleh pihak kami dan memiliki kekuatan hukum tetap,” tegasnya.

menerangkan kembali untuk penganggaran pembangunan di tahun 2023 bersumber dari anggran APBD Provinsi. Tahun ini saja Pemprov telah menganggarkan kurang lebih Rp 66 miliar.

Selanjutnya di tahun 2023 Pemprov bakal mengajukan anggaran ke pusat berharap ada gelontoran dana APBN guna pembangunan .

Baca: Masyarakat Makassar Nilai Pemprov Tak Serius Terhadap Proyek Pembangunan Stadion Mattoangin

Diketahui Senin 5 Desember 2022 kemarin ratusan suporter berunjuk rasa di Gedung Kantor Gubernur, mempertanyakan komitmen dan niat Pemprov dalam membangun kembali .

Aksi unjuk rasa yang dilakukan suporter ini pun kemudian berakhir ricuh. Bahkan diduga ratusan pengunjuk rasa melakukan aksi pengerusakan fasilitas umum yang terdapat di Gedung Kantor Gubernur.

Menanggapi hal itu, mengatakan, Pemprov memiliki komitmen untuk membangun sarana olahraga termasuk stadion di bekas lahan Stadion Mattoanging yang berada di Jalan Cendrawasih Kota . (*/NRU)

Editor: Muhammad Azmi Mursalim

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.