BNPB Pastikan Penanganan Bencana Darurat Berjalan Baik

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto. (Foto/bnpb.go.id)

Berita Nasional, gemasulawesi – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, pastikan penanganan pascabencana Cuaca Ekstrem di Provinsi Jawa Tengah, pada Sabtu 31 Desember 2022 berjalan dengan baik.

Perjalanan darat, dijadwalkan tiba di kantor gubernur Jawa Tengah pada pukul 11.00 WIB.

Setibanya di Kantor Gubernur, akan melakukan Rapat Koordinasi Banjir Jawa Tengah bersama Gubernur, Bupati/Walikota dan Forkompimda se-Jawa Tengah.

Kunjungan didampingi oleh Fajar Setyawan Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Deputi Logistik dan Peralatan BNPB Zahermann Muabezy, Direktur Dukungan Infrastruktur Darurat Zaenal Arifin dan Tenaga Ahli .

Baca: BNPB Fokus Cari Korban Gempa Cianjur Dalam Waktu Tiga Hari

“Selain rapat koordinasi, juga akan memberikan bantuan dana Siap Pakai (DSP) kepada Pemprov Jateng dan bantuan logistik kepada warga terdampak secara simbolis,” ucap Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Abdul Muhari, demikian keterangan tertulis yang diterima Republik Indonesia, Senin 1 Januari 2023.

Pada Minggu 1 Januari 2023 pagi, BNPB mencatat beberapa wilayah di Provinsi Jawa Tengah masih terendam banjir, antara lain Kota Semarang, Kabupaten Pati, Kabupaten Kendal, dan Kota Pekalongan.

Menurut laporan, 281 orang mengungsi di Kabupaten Kendal, 1.900 orang di kota Pekalongan, 1.395 orang di Kabupaten Kudus dan 455 keluarga di Kabupaten Demak.

Baca: Banjir Rendam Tiga Kelurahan di Kabupaten Tojo Una-Una

Sebagai langkah darurat, katanya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mengerahkan peralatan seperti pompa penyedot air dan perahu karet untuk melakukan evakuasi.

Tidak hanya itu, BPBD juga menggandeng relawan untuk menyiapkan dapur umum dan posko bantuan untuk memenuhi kebutuhan pokok warga yang terdampak bencana banjir. (*/Ikh)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.