Cara Menjaga Kesehatan Anda di Musim Hujan

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Ilustrasi hujan (Foto/Pixabay)

Kupas tuntas, gemasulawesi – Beberapa persiapan harus dilakukan untuk menghadapi , termasuk soal bagaimana cara menjaga kesehatan . Sebab, seperti yang kita ketahui, seringkali menjadi masa rawan berbagai penyakit, mulai dari influenza hingga demam berdarah. Baca informasi berikut.

Berikut cara menjaga kesehatan saat yang bisa kita praktikkan agar tubuh tetap fit dan terhindar dari penyakit:

1. Rajin mencucui tangan

Baca: Indonesia Nyatakan Kesiapannya Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

Cara termudah menjaga kesehatan tubuh saat adalah dengan sering mencuci tangan. Memang banyak virus dan bakteri yang muncul saat curah tinggi. Hal ini membuat kita berpotensi besar tertular hal-hal berbahaya dari aktivitas sederhana seperti memegang pegangan tangan atau memegang kursi dan meja di tempat umum yang terpapar .

Cuci Bersihkan tangan dengan sabun secara rutin setelah beraktivitas atau di luar rumah. Hal ini mengurangi risiko tertular infeksi virus dan bakteri yang berbahaya.

2. Jangn selalu menyentuh wajah

Baca: Ini skuad Prancis untuk Piala Dunia Qatar 2022

Mengurangi keseringan menyentuh wajah adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh saat hujan. Ini karena virus influenza biasanya masuk ke tubuh manusia melalui mata, hidung, dan mulut. Selain itu, telapak tangan saya adalah satu bagian yang lebih besar dari perusahaan Anda.

Perlu, tahan semua dorongan pada kekuatan gli occhi, bawa ke belakang di bagian depan atau tarif qualsiasi karena itu berarti toccarti langsung ke wajah. Gunakan sapu tangan bersih atau saputangan seperlunya untuk melakukan kontak dengan wajah Anda.

3. Hindari yang kotor

Baca: Jadi Tempat Buku Favorit Para Bule, Ini Made Bookshop yang Dikunjungi Prabowo

Selokan tersumbat dan genangan yang kotor merupakan kejadian umum yang bisa dilihat saat hujan. Kedua hal ini juga menjadi penyebab penyakit seperti diare, flu, kolera dan infeksi jamur pada kulit. Menutupi permukaan kulit adalah cara terbaik menjaga kesehatan tubuh untuk melindungi diri dari penyakit saat hujan sambil terus beraktivitas.

4. Mengkonsumsi makanan sehat

makanan yang mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti buah dan sayur. Kandungan fitonutrien pada kedua makanan ini baik untuk kesehatan dan dapat membantu melawan bakteri dan virus yang menyerang tubuh.

Baca: Palu Kembangkan Kain Tenun Khas Bernuansa Historis

Tidak suka sayuran hijau? Tenang, variasi makanan sehat juga bisa kita tambahkan dengan mengonsumsi sayuran lain yang mudah diolah menjadi makanan lezat seperti kembang kol. Selain itu, kita juga bisa menambah asupan protein dengan memperbanyak asupan kacang-kacangan.

5. Menjaga kebersihan sekitar rumah

Populasi nyamuk meningkat pesat saat hujan karena banyaknya genangan air yang muncul. Genangan air ini biasanya menjadi tempat berkembang biak nyamuk.
Untuk mencegah demam berdarah dan penyakit bawaan nyamuk lainnya, jangan malas untuk rutin membersihkan rumah.

Baca: Longsor Terjang Kabupaten Gowa, Dua Orang Meninggal Dunia

Periksa pot bunga, ember yang tidak digunakan, selokan, saluran air, dan tempat lain di mana genangan air dapat menumpuk. Bersihkan genangan air dan tutupi dengan baik sampai hujan berakhir. (KSD)

Editor: Muhammad Irfan Mursalim

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.