Kantor Imigrasi Amankan Nelayan Filipina Terdampar di Gorontalo

waktu baca 2 menit
nelayan Filipina terdampar di Gorontalo (Ilustrasi Gambar)

Berita Nasional, gemasulawesi – kantor Imigrasi Kelas 1 UPT Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo amankan serta melakukan pemeriksaan kepada seorang nelayan warga negara Filipina bernama Rayhon Guillen yang terdampar di Kota Gorontalo.

Direktur Imigrasi Gorontalo Joni Rumagit mengatakan pihaknya menerima informasi pada 7 Agustus 2022 tentang nelayan asing asal filipina yang terdampar dari Polairud Tolinggula, Kabupaten Gorontalo Utara.

“Kami akan segera mengambil tindakan untuk memastikan yang bersangkutan diperiksa lebih lanjut di Kantor Imigrasi Gorontalo,” ucapnya Kamis 1 September 2022.

Dia menjelaskan, sejak 10 Agustus 2022, pihak Imigrasi telah menerima Rayhon. Dia kini ditempatkan di Ruang detensi Imigrasi sesuai dengan peraturan imigrasi yang berlaku.

Joni mengatakan, selama berada di Imigrasi Kelas 1 Gorontalo, dia diberikan hak-hak sebagai tahanan sesuai dengan prinsip-prinsip kemanusiaan.

Hak yang diberikan meliputi kebutuhan akan makanan, minuman dan akses ke Konsulat Jenderal Filipina di Manado untuk lebih menegaskan kewarganegaraan yang bersangkutan, termasuk menghubungi keluarganya di Davao, Filipina. Berdasarkan Rapat Timpora tingkat Provinsi Gorontalo, diputuskan yang bersangkutan akan dipindahkan ke Rumah Detensi Imigrasi Manado, untuk perlindungan, pemenuhan hak dan pemeliharaan hubungan bilateral yang baik antara Indonesia dan Filipina.

Baca:Akibat Longsor, Belasan Rumah di Enrekang Rusak

“Hal ini dilakukan untuk mempermudah komunikasi dengan Pihak Konsulat Jendral Filipina di Manado,” ucap Joni.

Rayhon, yang berprofesi sebagai nelayan, mengaku terombang-ambing di laut selama 11 hari dan terdampar di pesisir kawasan Tolinggula utara Gorontalo. Joni menambahkan, KJRI Filipina telah empat kali mewawancarai Rayhon Guillen melalui video call. Pada kesempatan itu, istri Rayhon Guillén juga hadir di Filipina. (*/Ikh)

Baca: Jokowi Perintahkan Panglima TNI untuk Proses Hukum Kasus Mutilasi Di Mimika

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.