Pendaki di Gunung Bawakaraeng Berhasil Dievakuasi Tim MRB

waktu baca 2 menit
Tim MRB Evakuasi Pendaki di Gunung Bawakaraeng (Foto/Istimewa)

Berita Sulawesi Selatan, gemasulawesi – Seorang pendaki di Gunung Bawakaraeng, berhasil di evakuasi tim relawan Mountain Rescue Bawakaraeng (MRB) bersama personel Polsek Tinggimoncong.

Korban seorang pendaki mengalami sesak nafas akibat hipotermia di Gunung Bawakaraeng, Sulawesi Selatan, namun akhirnya dinyatakan meninggal di rumah sakit.

“Korban bernama Muhammad Ridwan meninggal pada Senin 12 September 2022 sekitar pukul 20.00 WITA di RSU Syekh Yusuf, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan,” kata Plt Kepala Seksi Humas Polres Gowa AKP Hasan Fadhlyh saat di konfirmasi jurnalis, Selasa 13 September 2022.

Korban berusia 26 tahun dan beralamat di Kelurahan Mappala, Desa Pangkabinanga, Kecamatan Pallangga, Gowa. Evakuasi yang dilakukan tim MBS bersama Bripka Polsek Tinggimoncong Usman dan Babinsa Tinggimoncong Kopda Muh Sukriusai menerima laporan tersebut.

Hasan mengatakan, berdasarkan informasi yang dihimpun, korban dan rekannya mendaki gunung melalui jalur Lembbana sekitar pukul 20.00 WITA pada Jumat, 9 September 2022 menuju puncak. Rencananya dijadwalkan pada Minggu, 11 September 2022.

Namun, saat hendak jatuh, korban mengalami sesak napas dengan gejala hipotermia (suhu tubuh turun) hingga lemas antara pos 8 dan pos 7, sehingga ia bergegas turun untuk mencari Meminta bantuan rekan kerja.

Baca: Akses BBM Subsidi Bagi Petani dan Nelayan di Parigi Moutong

“Dilaporkan korban mengalami gejala hipotermia, kemudian teman korban menghubungi pihak Registri Lembanna untuk meminta bantuan. Tim 1 terdiri dari empat orang yang langsung berangkat sekitar pukul 23.35 WITA,” ucapnya.

Proses evakuasi malam itu, lanjutnya, cukup sulit karena hari sudah gelap, namun korban berhasil dievakuasi, mencapai jalur Bulubalea sekitar pukul 15.00 pada Senin 12 September 2022 WITA. Kondisinya kritis dan dia dipindahkan ke Puskesmas Tinggimoncong untuk perawatan medis dini.

Selain itu, ia dirujuk ke Rumah Sakit Sheikh Yusuf untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut, namun korban dinyatakan meninggal dunia pada pukul 20.00 WITA di rumah sakit setempat. (*/Ikh)

Baca: Akses BBM Subsidi Bagi Petani dan Nelayan di Parigi Moutong

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.