PKK Parigi Moutong Dukung Pengembangan UMKM

waktu baca 2 menit
Foto/Istimewa

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi – Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, dukung pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam pengelolaan bahan lokal agar di pasarkan.

Hal itu diungkapkan Ketua Pemberdayaan Kesejetahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Parigi Moutong Noor Wachida S. Tombolotutu saat ditemui, Jumat 9 September 2022.

“PKK Parigi Moutong sangat mendukung kegiatan seperti ini karena potensi di daerah kita cukup besar, diolah dengan bahan-bahan lokal yang sangat berkualitas, sehingga perlu dukungan semua pihak untuk pengembangan UMKM,” ucap Noor Wachida S. Tombolotutu.

Dia meyakini pelatihan yang dilakukan oleh koperasi lokal dan dinas UMKM akan menambah pengetahuan pelaku usaha dalam memproduksi makanan olahan tradisional yang dikemas secara modern.

Ia berharap, dinas terkait dapat memberikan kenyamanan kepada UMKM berupa dukungan peralatan, manajemen label, dan lain-lain. Dengan banyaknya UMKM berkembang yang membutuhkan dukungan, kegiatan HPS juga dapat menjadi peluang untuk memberikannya kepada memasarkan produk olahan lokal.

“Untuk kegiatan HPS selanjutnya bertema sagunesia, sagu sudah tidak asing lagi bagi kita karena persiapannya sudah biasa. Dengan pelatihan ini, sagu dijadikan makanan favorit, dikemas menjadi snack dan sebagainya,” jelas Noor Wachida yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional Parigi Moutong (Dekranasda).

Baca: Ratusan Korban Gempa Mentawai Masih Bertahan di Pengungsian

Menurut dia, sagu bisa dijadikan makanan pokok karena bisa diolah menjadi nasi, meski masih menggunakan alat tradisional, bisa menyehatkan dalam pengobatan ini. Apalagi saat ini banyak orang yang menderita diabetes.

Dia memperkirakan dengan melakukan kegiatan seperti ini, ke depan semua UMKM Parigi Moutong akan memiliki produk berbahan sagu yang berbeda dengan bahan lokal lainnya, sehingga dapat menembus pasar dan terutama supermarket yang ada.

“Dengan cara ini lebih banyak oleh-oleh khas parigi Moutong untuk dipasarkan ke luar daerah,” tutupnya. (*/Ikh)

Baca: Ancaman Dijerat Pidana, Hacker Bjorka Bobol Data Surat Jokowi

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.