Prabowo Subianto Harap KAHMI Turut Serta Menjaga Indonesia

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, saat menghadiri Munas KAHMI XI di Palu, Sulteng, Sabtu 26 November 2022. (Foto/Panpel KAHMI)

Berita Sulawesi Tengah, gemasulawesi – Menteri Pertahanan (Menhan) , berharap Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) agar turut serta menjaga Indonesia.

yang merupakan mantan Danjen Kopassus TNI didaulat menjadi pembicara dengan tema merawat kesatuan, menegakan demokrasi dan menjaga kedaulatan pada Musyawarah Nasional (Munas) XI Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI).

Ia menjelaskan bahwa keinginan untuk bersatu dalam sejarah Indonesia baru dimulai pada abad ke-20, setelah itu Indonesia menjadi luar biasa pascaditindas oleh Belanda.

“Dulu sulit menyatukan hampir semua daerah, padahal nusantara ini sangat luar biasa. Masalahnya adalah persatuan,” katanya.

Baca: Hadiri Munas KAHMI XI, Wapres Minta Jaga Kerukunan dan Perdamaian

Ditengah orasi kebangsaan politik kebangsaan menjaga kedaulatan Bangsa dan Negara, Menhan juga mengatakan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merupakan salah satu organisasi yang dari sejarah bangsa Indonesia.

Menhan mengakui ketika HMI mengambil alih peran tersebut, dia berteman dan mendapat dukungan emosional dari HMI selama ini.

“Saat itu pada tahun 50 hingga 60an, HMI berperan dalam menyelesaikan konflik ideologis dan tidak cocok untuk Indonesia pada kala itu, yaitu budaya komunisme dan kapitalisme,” ucapnya saat menjadi pembicara dalam Seminar XI di , Sulawesi Tengah, Sabtu 26 November 2022.

Baca: Mahfud MD Minta KAHMI Kembali Ciptakan Kader Bangsa Tangguh

Ia berharap agar KAHMI ikut ambil bagian dalam menjaga Indonesia. Menurut Prabowo, dirinya menyadari kecemerlangan Indonesia memiliki pancasila dan sumpah pemuda.

Prabowo juga menegaskan bahwa sumpah pemuda tidak memaksakan bahasa mayoritas, sedangkan Pancasila tidak memaksakan agama mayoritas. (*/Ikh)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.