Songkok Bone Terima WCC Award Wilayah Asia Region 2022

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Songkok To Bone (Ilustrasi gambar)

Berita Sulawesi Selatan, gemasulawesi – Songkok Bone salah satu kerajinan tangan di Sulawesi Selatan, menorah prestasi terima World Crafts Council (WCC) Award of Excellence For Handicraft of Asia Pasific Region 2022.

Sertifikat of Excellence dari World Crafts Council Asia Pasific Region diserahkan saat pembukaan Pameran Kriya Nusa oleh Ibu Iriana Joko Widodo, di Prefunction Hall A – JCC, Jakarta, Rabu 21 September 2022.

Presiden Sulsel Dekranasda Naoemi Octarina yang menerima penghargaan mengaku bangga dan bersyukur salah satu kerajinan Sulsel mendapat pengakuan di kawasan Asia Pasifik. Istri Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman berharap Songkok Bone akan diikuti oleh lebih banyak produk ke depannya. Selain itu, Sulawesi Selatan memiliki kekayaan budaya dan produk yang tidak ada duanya di provinsi dan negara lain.

“Semoga pengakuan ini menjadi penyemangat bagi daerah lain di Sulawesi Selatan untuk agar lebih mengembangkan produk mereka. Dekranasda hadir untuk mengakomodir itu semua,” katanya.

Ketua Dekranasda Bone Kurniaty A Fahsar juga mengaku sangat bersyukur atas pencapaian ini. Menurutnya, hal ini tidak lepas dari peran para pelaku UMKM di Bone untuk terus berusaha mempromosikan Songkok Bone ke seluruh dunia.

Ia mengatakan, mereka pelaku UMKM lebih banyak berpikir agar bisa berkembang. Telah tertata dengan baik juga dengan tekstur yang berpartisipasi.

Ketua TP PPK Bone menjelaskan bahwa inovasi produk Songkok Bone sangat berperan saat ini. Warna dan pola dibuat dengan cara yang berbeda dan berubah seiring waktu.

Baca: Konsolidasi Percepatan Penurunan Stunting di Kota Palu

Ia menjelaskan, sekarang lebih halus. Bahannya bukan emas, tetapi ala emas, dan itu berhasil dan membuat kita semua bangga.

Kurniaty menambahkan, dirinya dan timnya di JCC berkeliling di booth provinsi lain. Apa yang dilihat akan menjadi inspirasi untuk dikembangkan di Bone.

“Selain itu, di Bone kami memiliki banyak bahan yang bisa dimaksimalkan. Tentu saja, kami akan menantikan untuk lebih menampilkan produk-produk terbaik di masa depan,” ucapnya. (*/Ikh)

Baca: 164 Ekor Sapi di Kabupaten Morowali dan Morut Terpapar PMK

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.