Jelang Nataru Parigi Moutong, Forkopimda Gelar Rakor Pengamanan

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai, SE hadiri Rakor pengamanan jelang Nataru (Foto/Prokpim Parigi Moutong)

Berita , gemasulawesi – Jelang 2022 dan 2023 (Nataru), Forkopimda bersama Wakil Bupati H Badrun Nggai SE gelar rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral, dalam rangka kesiapan pengamanan di wilayah Kabupaten , dilaksanakan di Aula Pesat Gatra , kamis 15 Desember 2022.

Pada kesempatan tersebut, Wabup menyampaikan bahwa pengamanan jangan dilihat sebagai agenda rutin tahunan yang biasa dilakukan saat melaksanakan dan , sehingga masyarakat cenderung kurang waspada terhadap perkembangan yang dinamika di masyarakat.

“Keberhasilan kegiatan pengamanan perayaan dan membutuhkan sinergi, dan koordinasi yang baik hingga ke tingkat kelurahan,” ucap Wabup Badrun Nggai.

Untuk meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban yang mungkin terjadi, aparat kepolisian dan fungsi pendukung dapat melakukan upaya secepat mungkin dengan membagi dan menerjunkan personel ke setiap titik rawan.

Baca: BKPSDM Parigi Moutong Gelar Bimtek Penyusunan SKP

Ia juga berpesan untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi di lapangan serta mewaspadai intoleransi, radikalisme, dan terorisme.

Dengan diselenggarakannya rapat koordinasi ini, diharapkan semua pihak dapat saling berkomitmen bahwa pengamanan selama perayaan dan 2023 berjalan aman dan saling mendukung sehingga terjalin toleransi dan hubungan yang harmonis antar umat beragama dapat dicapai.

Sementara itu, Kapolres , AKBP Yudy Arta Wiyono mengungkapkan, tujuan rakor ini untuk memberikan gambaran tentang persiapan Polres dalam rangka pengamanan jelang Nataru.

Baca: Cabor Panahan dan Tenis Parigi Moutong Sumbang Dua Emas

Selain itu, tujuannya adalah untuk membimbing dan selalu mengkoordinasikan pelaksanaan tugas untuk memastikan pengamanan dan .

Polda Sulteng beserta jajarannya, termasuk Polres , melakukan Operasi Lilin Tinombala 2022 sambil melakukan kegiatan pengamanan perayaan dan ini.

Terkait Operasi Lilin Tinombala 2022, dalam hal ini pihaknya akan melakukan kegiatan kepolisian, memberikan nasehat, himbauan, memberikan informasi dan pengintaian, serta mendirikan posko pengamanan, termasuk posko pelayanan.

Baca: Arsenal Disarankan Bergerak: Rekrut Dua Gelandang Maroko

Kemudian patroli dan penempatan petugas di setiap gereja yang ada di wilayah Kabupaten , yang tentunya akan dilakukan untuk memberikan kenyamanan selama ibadah dan .

Sehingga hal ini juga didukung oleh TNI, dalam hal ini Kodim 1306 dan pemerintah daerah, serta mitra Kamtibmas lainnya, yang akan mengutamakan pencegahan, deteksi dini dan penegakan hukum terkait memastikan perayaan dan selama menerapkannya secara bersamaan dengan Protokol Kesehatan.

“Saya juga berharap agar kita selalu berkomunikasi, berkoordinasi dan juga bekerja sama agar pengamanan 2022 dan 2023 dapat menciptakan suasana yang menjanjikan, aman dan menyenangkan bagi seluruh masyarakat di Kabupaten , juga tidak ada hal yang menonjol dalam kegiatan pengamanan ini,” pungkasnya.

Baca: Wabup Parigi Moutong Terima DIPA dan TKD 2023

Turut hadir dalam Rakor Forkopimda Unsur, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) dan OPD teknis terkait di Kabupaten . (*/Ikh)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.