Kementerian Agama Wilayah Sulawesi Selatan Melakukan Penelusuran Terkait Dugaan Aliran Sesat di Gowa

waktu baca 3 menit
Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Khaeroni (Foto/Website Kemenag Sulsel)

, gemasulawesi – Kantor Wilayah (Kanwil) (Kemenag) (Sulsel) melakukan penelusuran serta mengupayakan proses klarifikasi juga verifikasi terkait dugaan Bab Kesucian di .

Tak hanya menjadi perbincangan masyarakat, aliran Bab Kesucian juga meresahkan warga Kabupaten sehingga melaporkan aliran tersebut ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) .

Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Khaeroni menyebutkan, pihaknya sedang turun ke lapangan guna melakukan proses klarifikasi juga verifikasi terkait adanya informasi viral itu.

Baca : Sinopsis Film Terbaru Kwon Sang Woo Dengan Oh Jung Se Berjudul Switch Akan Tayang di Bulan Januari

“Begitu ada kabar, apalagi hingga viral yang sebut sesat tersebut harus ditelusuri dulu, lalu klarifikasi juga verifikasi. Kita tetap melaksanakan asas kehati-hatian dalam bertindak,” terangnya.

Melanjutkan dirinya sudah menurunkan tim penyuluh dibantu aparat guna proses penelusuran serta klarifikasi itu. Tugas dari penyuluh sendiri ialah memberikan pemahaman terhadap pihak-pihak yang diduga mengajarkan paham menyimpang ini.

Khaeroni memohon pada seluruh pihak agar bersabar sambil menunggu kesimpulan dari tim yang diterjunkan melakasnakan upaya penelusuran, klarifikasi serta verifikasi ini.

Baca : Selama Tahun 2022, 1,42 Juta Liter BBM Disalahgunakan

“Tim sudah turun namun belum ada hasil. Kita pun juga bergerak cepat, apalagi usai viral itu informasi. Kami juga memohon seluruh pihak bersabar dulu, sebab belum ada kesimpulan yang diterima dari tim yang ditugaskan,” katanya.

Terlebih dahulu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengaku telah mendengar kabar adanya dugaan Bab Kesucian yang ada di Kelurahan Samata, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten , .

Pihaknya telah memohon jajaran Kemenag agar melaksanakan verifikasi lapangan, untuk mendapat informasi lengkap, langsung dari semua pihak.

Baca : Partai Buruh Siap Gelar Aksi Jika Perppu Cipta Kerja Tetap Dipaksakan

“Verifikasi serta klarifikasi ini perlu agar langkah serta tindak lanjut yang diambil benar-benar berdasarkan informasi yang sebenarnya. Kemudian diajak berdialog,” ujarnya.

Menag pastikan pendekatan yang nanti ialah berdialog. Jajaran Kanwil, Kankemenag, penyuluh, bekerjasama FKUB setempat diminta agar menjalin dialog untuk mendengar penjelasan pengikut Bab Kesucian tentang keyakinan juga pemahaman yang dianut.

“Perlu informasi lebih dalam, darimana sumber keyakinan mereka, serta argumentasinya seperti apa,” ungkapnya.

Baca : Aliran Sesat Bab Kesucian Gemparkan Warga Kabupaten Gowa

“Bila ditemukan adanya indikasi penyimpangan dalam pemahaman keagamaannya, kita berikan edukasi, dakwah, juga pendampingan, khususnya pada semua anggotanya,” lanjutnya.

Menag memohon pada jajarannya di Kanwil agar menggelar dialog kepada pimpinan aliran. Seperti dialog keagamaan, serta memberikan pencerahan tentang regulasi yang berlaku untuk penyebaran paham keagamaan tidak merujuk pada tindakan penistaan. (*/NRL)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.