Lomba Melukis Meriahkan Harkannas di Parigi Moutong

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Lomba melukis meriahkan Harkannas ke-9 di Parigi Moutong (Foto/Facebook Icha Lamando)

Berita , gemasulawesi – meriahkan Hari Ikan Nasional () ke-9, Pemerintah Daerah (Pemda) , Provinsi mengatakan sebanyak 700 anak mengikuti lomba yang berlangsung di daerah itu.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Moh Nasir di sela-sela dan memasak nasional untuk meriahkan , di Parigi, Minggu 20 November 2022.

“Kompetisi ini dipromosikan sebagai bagian dari kampanye bahari yang diperkenalkan kepada anak-anak sejak usia dini untuk membantu mereka jatuh cinta dengan kekayaan bahari daerah ini,” ucap Moh Nasir.

Ia mengatakan Teluk Tomini memiliki keanekaragaman biota laut yang sangat besar, sehingga melalui , anak-anak dapat lebih memahami bahwa laut itu sangat luas, dan secara tidak langsung juga merupakan bagian dari peningkatan kemampuan anak dalam melukis ekspresi yang dibayangkan oleh coretan tinta.

Baca: Peringati Hari Harkannas Ratusan Siswa di Parigi Tanam Manggrove

Dari sini, katanya, sebaiknya ajari masyarakat untuk suka makan ikan karena ikan memiliki cukup protein yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otak.

“Dalam kegiatan ini kami menganjurkan untuk mendidik anak-anak sejak masih dalam masa pertumbuhan dan harus dikenalkan dengan bahari,” ucapnya.

Nyoman Sutiyasa, salah satu juri mengatakan, kegiatan ini dibagi menjadi tiga kategori peserta yaitu tingkat TK, SD dan taman kanak-kanak dengan sistem penilaian berdasarkan tingkat kreativitas, seni, keindahan, kerapian dan kemandirian anak dalam melukis.

Baca: Lomba Memasak Ikan Meriahkan Harkannas ke-9 di Parigi Moutong

Nyoman mengatakan, para peserta melukis dengan cat air di atas keranjang baju yang telah disiapkan panitia. Ia mengapresiasi ketekunan dan kreativitas mereka dalam melukis.

Selain , penanaman bakau atau bakau dilakukan di 88 lokasi yang telah disiapkan oleh pihak penyelenggara, yang diikuti oleh 8.800 peserta dan ditanam sekitar 44.000 bibit yang 500 di antaranya adalah siswa sekolah dasar dan menengah, selain memecahkan rekor MURI dengan perolehan poin titik tanam terbanyak.

Termasuk rangkaian kegiatan yang meliputi lomba masak nasional, demo masak, pameran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), seminar kelautan dan keamanan pangan serta pesta rakyat.

Baca: 34 Provinsi Ikut Lomba Memasak di Harkannas Parigi Moutong

Puncak akan dilaksanakan pada Senin 21 November 2022 di Pantai Mosing, Desa Sinei, Kecamatan Tinombo Selatan dan akan dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trengono. (Dn)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.