Menhub Uji Coba KA Pangkep-Maros Lewat Jalur Wisata

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Kereta Api Jalu Pangkep-Maros (Foto/Facebook gurcil_nayla)

Berita , gemasulawesi – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi melakukan uji coba (KA) wisata rute , Provinsi (Sulsel) yang melintas sejumlah objek wisata di dua kabupaten setempat.

Hal itu diungkapkan Menteri Perhubungan Budi karya Sumadi di Kabupaten Pangkep, Jumat 2 Desember 2022.

“Hal ini dilakukan agar masyarakat lebih percaya diri dalam menggunakan KA Trans Sulawesi. Bahkan Anda bisa mengunjungi sejumlah objek wisata di dekat stasiun yang dilaluinya, objek wisata Ramang Ramang,” ucap Budi.

Ia dan rombongan juga melakukan uji coba jalur KA wisata dari Stasiun dan Stasiun Rammang Rammang, tempat objek wisata Ramang-ramang berada.

Baca: Polisi di Sulawesi Selatan Tarik Baju dan Todongkan Pistol ke Santri

Budi mengatakan peluncuran operasi terbatas ini untuk memperkenalkan kepada masyarakat Sulsel dan sekitarnya.

“Kami akan melakukannya secara bertahap dan tiket gratis hingga Desember 2022,” ucapnya.

Kereta tersebut beroperasi terbatas sejak Oktober 2022 dan berjalan di jalur sepanjang 66 kilometer (km) dari Stasiun Garongkong hingga Stasiun Mangilu, melewati tujuh stasiun.

Baca: Provinsi Sulawesi Selatan Tetapkan UMP Naik 6,9 Persen

Cara dilayani oleh kereta wisata dan memiliki penggunaan umum yang terbatas.

Untuk jalur Maros-Pangkep stasiun yang dilalui antara lain, stasiun Maros dan Mangilu memiliki sejumlah objek wisata yaitu Wisata Alam Anjungan Sumpang Binangae dan Wisata Alam Pantai Ujung Batee dekat Stasiun Barru, Wisata Alam Playa Laguna dan Wisata Alam Wisata Playa Laona, dekat stasiun kereta Tanete Rilau.

Selain itu, Wisata Alam Sorongan dekat dengan Stasiun Mandele, Wisata Alam Telaga Biru Segari dekat Stasiun Ma’rang, dan Wisata Mangrove Dewi Biringkassi dekat Stasiun Labakkang Wisata, dan Tempat Wisata RamangRamang dekat dengan Stasiun Ramang.

Baca: Diskominfo-SP Sulawesi Selatan Luncurkan Portal Satu Data

Rencananya untuk menawarkan layanan bus pada Februari 2023 dengan program pembelian layanan.

Bus beroperasi dari Stasiun Ramang Ramang ke Stasiun Maros dan Bandara Sultan Hasanuddin sebagai sarana integrasi antarmoda serta akses ke tempat-tempat wisata sebagai transportasi ke dan dari stasiun .

Pada Maret 2023, kereta penumpang dan barang perintis akan beroperasi dari stasiun Maros-Garongkong sepanjang 80 km dan stasiun Tonasa-Garongkong sepanjang 66 km.

Baca: Dinkes Sulawesi Selatan Tindak Lanjuti Anak Dicurigai Ginjal Akut

Pada Mei 2023, panjang jalur operasi dari Stasiun Mandai ke Stasiun Garongkong akan ditambah menjadi 84 km sebanyak 10 stasiun.

Jalur Makassar-Parepare memiliki panjang total 142 km dan merupakan bagian dari Rencana Pembangunan Trans-Sulawesi yang menghubungkan seluruh provinsi di pulau Sulawesi. (*/Ikh)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.