Pinangki Mantan Jaksa Bebas Bersyarat

waktu baca 2 menit
Pinangki Sirna Malasari

Berita Hukum, Gemasulawesi – Mantan Jaksa Kejaksaan Agung (Kejagung) Pinangki Sirna Malasari dibebaskan bersyarat dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tangerang hari ini. “Iya betul, hari ini bebas bersyarat,” kata Kabag Humas dan Protokol Ditjenpas Kemenkumham, Rika Aprianti, Selasa (6/9/2022).

Mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah telah dikeluarkan dari Lapas Tangerang setelah menerima program pembebasan bersyarat dari Direktorat Jenderal Hukum dan HAM Departemen Hak Asasi Manusia. Ratu Atut menerima program pembebasan bersyarat setelah memenuhi sejumlah persyaratan.

Pinangki Sirna Malasari juga sama. Setelah menghirup udara segar, Pinangki juga harus memenuhi kewajibannya yaitu wajib lapor ke Balai Pemasyarakatan (Bapas). Karena Pinangki tidak sepenuhnya bebas.

Baca: Terkait Kasus Minyak Goreng, Mantan Mendag M Lutfi Akan Diperiksa

Sekedar informasi, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) memvonis Pinangki 10 tahun penjara. Pinangki terbukti melakukan tiga tindak pidana, yaitu menerima suap sebesar $500.000 pada kasus pidana cessie Bank Bali.

Uang itu diberikan sehubungan dengan upaya Pinangki sebagai jaksa untuk mempersiapkan dan menyusun pembebasan Djoko Tjandra melalui fatwa bebas dari Mahkamah Agung (MA). Selain itu Pinangki juga disangka melakukan dugaan pencucian uang (TPPU).

Pinangki mengajukan banding atas keputusan tersebut. Pada Senin (14/6/2021) Majelis Tinggi Pengadilan Tinggi Jakarta mengabulkan permohonan kasasi tersebut. Tiga hakim senior mengubah putusan Pengadilan Tipikor menjadi empat tahun penjara. Putusan banding sebenarnya sesuai dengan tuntutan kejaksaan (JPU) pada sidang tingat pertama. (*/GSA)

Baca: Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Baru Kebakaran Lapas Tangerang

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.