Produk Unggulan Parigi Moutong Dilirik Kaltim

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Ilustrasi By Gemasulawesi.com

Berita , gemasulawesi.com – Pemerintah Kalimantan timur () melirik empat Kabupaten (Parimo) yakni, bawang goreng, gula merah, minyak goreng dan olahan kelor.

Menyikapi hal itu, Dinas Koperasi dan UMKM, memetakan dan mendata Kawasan pelaku usaha disektor olahan dan mensinergikan dengan petani yang memiliki lahan.

“Kita sedang menyusun skema, itu Langkah sebelum membangun kesepakatan Bersama empat kabupaten yang tersebar di ,” terangnya Kamis, 10 Maret 2022 di Parigi.

Baca: Rekor Buruk Lionel Messi Dalam Kontra PSG Melawan Real Madrid

Pihaknya menargetkan, 15 hingga 20 Ton untuk empat komoditi yang dilirik oleh tersebut. Untuk itu kata dia, ia berencananya ingin berkolaborasi dengan pihak pertanian dengan harapan dapat membuka lahan baru, memberikan bibit dan pupuk pada petani.

Selanjutnya, Langkah yang akan ditempuh Dinas Koperasi dan UMKM adalah meningkatkan kualitas dari pelaku usaha dengan memberikan bantuan tambahan peralatan atau tenaga kerja.

“Beberapa wilayah di tertarik dengan UMKM kita disini, itu harus kita sikapi dengan baik dan cepat. Tidak boleh menunggu, kita harus jemput bola. Karena hal ini akan menguntungkan bagi pelaku UMKM di Parimo,” tekannya.

Baca: Wagub Sulawesi Tengah Ikuti Peluncuran Buku Indonesia dan Covid-19

Ia menuturkan, untuk memenuhi target yang dibutuhkan, beberapa pejabat langsung turun ke lapangan antara lain di Kecamatan Tinombo dan Palasa, Taopa menemui langsung para petani, mencari bahan dalam penyusunan skema.

“Data harus kita susun dahulu, berdasarkan by name by address dari pelaku usaha dan petani. Ini sebagai bentuk kelengkapan bahan informasi yang dibutuhkan. Harapannya lebih mudah mengorganisir petani dan pelaku usahanya,” tuturnya.

Baca: Kades di Parigi Moutong Habis Masa Jabatan, Camat Diminta Usulkan Plt

Ia mengaku, trobosan pihak Dinas untuk membuka ruang pasar bagi pelaku usaha dan petani di daerah , karena sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara baru dalam pemenuhan kebutuhan nantinya.

Tawaran lain yang akan dijajakan pihaknya, masuk di Swalayan, carfour, supermarket serta tempat-tempat lainnya di empat Kabupaten. Sejumlah bahan promosi telah dibagikan kepada pemerintah serta pelaku swasta.

“Sejumlah hasil olahan yang dinilai harganya rendah, kami tetap upayakan agar masuk dalam pasar, agar pelaku usaha lainnya dapat termotivasi,” tutupnya. (wn)

Baca: Wawan Setiawan, Anggota DPRD Parigi Moutong Tutup Usia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.