Usai Direvitalisasi, Pemkot Palu Kembali Buka RTH Taman Nasional

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Wali Kota Palu Hadiyanto Rasyid.

Berita , gemasulawesi – Usai direvitalisasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu membuka kembali akses ruang terbuka hijau (RTH) taman nasional sebagai ikon baru di Ibu Kota Provinsi .

Hal itu diungkapkan Wali Kota Palu Hadianto Rasyid saat peresmian taman nasional di Jalan Hasanuddin Palu, Kamis 29 Desember 2022.

“Taman nasional ini memiliki sejarah yang panjang. Di taman nasional ini, Kota Palu dinyatakan sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sekitar enam dekade lalu, atau sekitar 60 tahun lalu,” ucap Hadianto Rasyid.

Ia menjelaskan bahwa RTH menawarkan berbagai fasilitas yang ramah untuk anak-anak, penyandang disabilitas, lansia, termasuk fasilitas rekreasi untuk berbagai kegiatan.

Baca: BPN dan Pemkot Palu Gelar Rakor Penuntasan Konsolidasi Lahan Huntap Petobo

Untuk itu, ia meminta warga memanfaatkan dan memelihara dengan baik fasilitas yang dibangun pemerintah untuk kegiatan bernuansa positif.

“Ini bagian dari pembangunan infrastruktur untuk memajukan kota dari sisi pembangunan fisik,” kata Hadianto.

Lebih lanjut ia menjelaskan, karena Pemkot Palu bertekad memenangkan Adipura tahun 2023, sudah seharusnya mendukung dengan ornamen lain untuk mempercantik kota selain rehabilitasi lingkungan.

Baca: Lima ASN Pemkot Palu Kena Sanksi, Tiga Dipecat

“RTH juga sebagai energi kota memiliki keunggulan besar sebagai tempat berinteraksi, membentuk estetika kota, yang menurut UU No. 26 Tahun 2007 tentang ruang terbuka hijau mensyaratkan setiap wilayah memiliki 30 persen ruang terbuka hijau ruang area rumah,” kata Hadianto.

Ia berharap taman nasional ini dapat menjadi reprensi pembangunan kota berkelanjutan yang tidak lepas dari kearifan lokal.

“Semakin banyak rumah publik, semakin banyak ruang kreatif bagi masyarakat,” pungkas Hadianto. (Ikh/Dn)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.