Hadiri Munas KAHMI XI, Menhan Ajak Semua Elemen Bangsa Perkuat Persatuan

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, saat menghadiri Munas KAHMI XI di Palu, Sulawesi Tengah. (Foto/Panpel KAHMI)

Berita , gemasulawesi – Hadiri Musyawarah Nasional (Munas) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) ke- XI, Menteri Pertahanan (Menhan) mengajak semua elemen bangsa perkuat kesatuan serta menegakkan demokrasi yang baik sesuai karakter bangsa.

Hal itu diungkapkan Menhan saat menjadi pembicara pada XI di , Provinsi , Sabtu, 26 November 2022.

“Bangsa Indonesia dikenal kuat dalam sikap gotong royong dan kekeluargaan. Maka dengan modal ini kita harus menunjukkan rasa nasionalisme bangsa Indonesia yang kuat dalam mempertahankan kedaulatan,” ucap .

Ia mengatakan kedaulatan bangsa harus ditopang oleh demokrasi yang sehat agar masyarakat tidak mudah diadu domba dan juga dipecah belah.

Baca: Prabowo Subianto Harap KAHMI Turut Serta Menjaga Indonesia

Menurutnya Indonesia memiliki nilai-nilai luhur dalam mewujudkan demokrasi, oleh karena itu para elit politik tidak perlu saling bertikai, karena demokrasi dijalankan dengan satu tujuan yaitu memakmurkan rakyat.

“Semangat mempertahankan demokrasi tidak hanya harus melalui ucapan saja, tetapi harus diikuti dengan tindakan dan sikap patriotik, harus dijiwai,” katanya.

Ia mengatakan bahwa kedaulatan bukan hanya berarti merdeka dari penjajahan, kedaulatan harus ditegakkan untuk meningkatkan harkat dan martabat bangsa agar tidak ada lagi kesenjangan ekonomi di tengah rakyat, termasuk keamanan rakyat juga terlindungi.

Baca: Hadiri Munas KAHMI XI, Wapres Minta Jaga Kerukunan dan Perdamaian

Ia menjelaskan dari segi politik, Indonesia memberikan contoh yang baik kepada dunia bahwa persaingan dalam perselisihan politik dilakukan dengan kearifan dan rasa tenang juga damai, serta memberikan kesempatan pada diri sendiri untuk berpartisipasi penuh dalam pembangunan bangsa di lingkup pemerintahan.

Ia mengatakan, persaingan dalam kontestasi politik pasti ada, setelah kompetisi selesai kita rujuk lagi, tujuannya tidak lain adalah membangun kebersamaan dalam bingkai persatuan dan juga kesatuan.

Dalam sambutannya, Prabowo mengajak keluarga besar KAHMI untuk membawa ide-ide cemerlang bagi pembangunan bersama pemerintah demi mewujudkan negara yang berdaulat, berkeadilan dan negara yang adil juga makmur.

Baca: Ahmad Doli Kurnia Minta Forhati Beri Penguatan Untuk Perempuan

“Presiden berharap Indonesia dapat menjadi negara yang mandiri di masa mendatang. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, seluruh elemen bangsa harus berpartisipasi dalam mewujudkan upaya itu,” pungkas Prabowo. (*/Ikh)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.