Kasus Pungli BPN Palu, Kejati Sudah Punya Calon Tersangka

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Tim Kejaksaan Tinggi Sulawesi tengah saat melakukan penggeledahan di kantor BPN Kota Palu beberapa waktu lalu. (Foto/Humas Kejati Sulteng)

Berita Palu, Gemasulawesi – Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tengah dalam waktu dekat akan menetapkan tersangka kasus pungutan liar (Pungli) di lingkungan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Palu.

“Dalam waktu dekat ada penetapan tersangka di BPN Kota Palu terkait kasus pungli, calon tersangka sudah ada, saat ini masih penyidikan,” ungkap Kasi Penkum Kejati Sulteng Reza Hidayat, Selasa 9 Agustus 2022.

Kata Reza, pihaknya belum bisa menyebutkan  berapa jumlah tersangka pada kasus tersebut, karena masih menunggu hasil gelar perkara.

“Nanti kita sampaikan, sekarang masih menunggu hasil gelar perkara,” katanya.

Sebelumnya, saat mencium dugaan kasus korupsi pungutan liar di lingkungan Kantor Pertanahan Kota Palu. Penyidik Kejati Sulteng menggeledah Kantor Pertanahan Kota Palu, pada Rabu 27 Juli 2022.

Penggeledahan Kantor Pertanahan Kota Palu oleh Penyidik Kejati Sulteng dilaporkan berlangsung selama 7 jam.

Baca: Saber Pungli Parigi Moutong Lakukan Sosialisasi ke 58 Desa

Dari hasil penggeledahan, penyidik Kejati Sulteng terlihat membawa 1 box plastik besar berisikan sejumlah dokumen, uang dan barang bukti lainnya yang disita.

Kajati Sulteng, Jacob Hendrik Pattipeilohy melalui Kasi Penkum Kejati Sulteng, Reza Hidayat menyampaikan, penggeledahan dan penyitaan dilakukan dalam rangka membuat terang tindak pidana serta untuk mencari bukti permulaan yang cukup.

Baca: Polres: Tidak Ada Premanisme dan Pungli Terorganisir di Parigi Moutong

Sehingga, dengan bukti permulaan yang cukup tersebut penyidik dapat menentukan sikap siapa tersangka yang tepat untuk mempertanggungjawabkan perbuatan yang disangkakan.

“Dan saya telah berpesan secara khusus kepada penyidik yang melakukan penggeledahan dan penyitaan agar tindakan mereka jangan sampai mengganggu jalannya pelayanan publik di Kantor Pertanahan Kota Palu,” jelasnya.(*/Aj)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Baca: Polisi Minta Warga Bantu Berantas Praktek Pungli di Sulawesi Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.