Penggemar Jepang Secara Sukarela Membersihkan Stadion di Piala Dunia FIFA 2022

waktu baca 2 menit
Ket. Foto: Supporter Jepang Bersihkan Stadion (Dok: Twitter)

Olahraga, Gemasulawesi – Salah satu momen viral 2022 sejauh ini: penggemar membersihkan stadion setelah pertandingan selesai.

Pendukung tim sepak bola nasional terlihat membersihkan Stadion Internasional Khalifa Qatar setelah kemenangan mereka melawan Jerman.

Fans tim yang dikenal sebagai Blue Samurai membagikan ratusan kantong sampah dan membersihkan sampah selama dan setelah pertandingan.

Baca: Alasan Son Heung Min Kenakan Topeng Saat Korea Selatan Melawan Uruguay di Piala Dunia 2022

Itu adalah bagian dari tradisi yang dimulai oleh para penggemar Blue Samurai di 2018 di Rusia, ketika mereka membersihkan stadion setelah kalah 3-2 melawan Belgia di babak 16 besar.

Penggemar merupakan penggemar sepak bola paling sopan di dunia. Mereka juga membersihkan stadion usai laga pembuka antara Qatar dan Ekuador, meski tim mereka sendiri tidak bermain.

Bukan hanya penggemarnya namun para pemain Timnas juga berperilaku sopan, mereka membersihkan ruang ganti mereka dan meninggalkan ruang ganti Rostov Arena tanpa noda. Mereka bahkan meninggalkan catatan kecil bertuliskan “Terima kasih” dalam bahasa Rusia di atas meja di tengah ruangan.

Dan setelah FIFA sendiri mengunggah gambar ruang ganti serta menulis, “Setelah kemenangan bersejarah melawan Jerman di # pada Hari Pertandingan 4, penggemar membersihkan sampah mereka di stadion, sementara @jfa_samuraiblue meninggalkan ruang ganti mereka di Stadion Internasional Khalifa seperti ini. Bersih.” begitulah cuitan FIFA di akun Twitter mereka.

Baca: Uruguay Lawan Korea Selatan Berakhir Dengan Kacamata di Pertandingan Pembuka Grup H

Gambar itu juga menunjukkan handuk, botol air, dan sisa wadah makanan tertata rapi di atas meja di tengah ruangan. Tidak hanya itu, tim bahkan meninggalkan catatan bertuliskan “terima kasih” dalam bahasa dan Arab dan juga origami atau kertas yang dilipat berbentuk bangau.

Pengguna media sosial terkesan dengan gerakan tersebut dan kagum dengan nilai dan budaya . (*/GLR)

Editor: Gracesilia Shea Arsiane

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.